Site and learn your application

Selasa, 29 April 2014

Objek Wisata di Kepulauan Flores

Indo Amaterasu
Pantai Sao Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur
Pantai Sao Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

Sehubungan dengan liburan sekolah yang masih panjang, daripada pusing di kontrakan saya bersama teman-teman sesama SM-3T mengadakan liburan menyusuri pulau Flores (Ruteng-Borong-Ngada (Bajawa)-Ende-Maumere). Perjalanan dimulai dari Ruteng langsung melewati kota Borong, ditengah perjalanan rombongan sempat istirahat di "Rumah Makan Aimere" yang terletak dikabupaten Ngada, hal unik yang saya ambil di sepanjang jalan kami melihat orang jualan Sopi (minuman keras dari Manggarai). Yang membedakan Sopi, TM, Toak, dan Arjo, minuman ini terbuat dari hasil penyulingan dari air NIRA (pohon aren) jadi benar-benar alami, sedangkan TM, Toak, dan Arjo sudah dicampur dengan bensin, sepiritus, dan zat-zat yang berbahaya lainnya.

Sesampai di Kabupaten Ende kami mengunjungi tempat pengasingan Bung Karno Presiden RI yang pertama, beliau diasingkan di Ende selama empat tahun yakni dari tahun 1934 sampai tahun 1938, kemudian kami juga menyambangi sebuah taman dimana ditempat tersebut terdapat pohon sukun bercabang lima yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat perenungan Bung Karno mencetuskan Pancasila. selain itu di kabupaten Ende terdapat sebuah tempat wisata yang cukup tersohor namanya yaitu danau Kelimutu. di komplek danau Kelimutu terdapat tiga buah danau. kelimutu terkenal dengan keunikan warna danaunya, masing-masing danau memiliki warna yang berbeda dan air di tiap danau-danau itu dapat berubah warna.

Tujuan berikutnya kabupaten Sikka dengan ibu kotanya Maumere, perjalanan ditempuh selama 4 jam dari kabupaten Ende. Kabupaten Sikka bisa dibilang kabupaten yang paling ramai di dararatan Flores. Obyek wisata kebanyakan wisata pantai, karena wilayahnya dikelilingi pantai. 

Berikut ini adalah obyek wisata yang ada di kabupaten Sikka:
1. Pantai Sao
2. Seaworld
3. Pantai paris
4. Jongdopo (kapal hantu)
5. Kampung tradisional Hewokloang

Keunggulan wisata kota Maumere dibandingkan dengan kota lain di daratan Flores ialah ia memiliki tempat wisata kuliner. para pelancong dapat menikmati suasana malam di kota Maumere disuguhi dengan aneka jenis  makanan yang dijajakan di sepanjang pasar Senja. disini para penikmat kuliner dapat memilih menu yang disukai, mulai dari sate Madura, martabak Bandung, mie godog Jawa dan berbagai jenis makanan lainnya.