Site and learn your application

Selasa, 29 April 2014

Taman Nasional Pulau Komodo

Indo Amaterasu
Keindahan Pantai Pink Beach di Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur
Keindahan Pantai Pink Beach di Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur
 
Kali ini Saya akan berbagi pengalaman jalan-jalan ke Taman Nasional Pulau Komodo, yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Saya dan teman-teman kebetulan mengikuti program yang diselenggarakan oleh pemerintah, yaitu SM-3T (Sarjana mendidik didaerah terdepan, terluar, dan terdalam) dan bertempat di kabupaten Manggarai jadi kira-kira membutuhkan waktu perjalanan sekitar 3 jam sampai Labuhan Bajo. Labuhan Bajo adalah salah satu dermaga yang ada di kabupaten Manggarai Barat. Untuk menuju kepulau Komodo diperlukan waktu kurang lebih 6-7 jam naik perahu, kalian dapat menyewa kapal-kapal yang ada di Labuhan Bajo, Saya dan teman-teman menyewa perahu kecil yang memuat 10 orang dengan biaya Rp. 3.500.000,00 untuk 1 malam 2 hari, semakin bagus perahunya semakin mahal hehe.

Pertanyaan !
Bagaimana cara menuju Kepulauan Komodo?

Udara
Dari mananapun baik Jakarta, Surabaya, Malang, Bali, Papua bisa naik pesawat terbang turun di Bandara Labuhan Bajo.

Laut
Bila menempuh jalur laut nanti turun di Pelabuhan Labuhan Bajo.

Apakah penginapan di Kepulan Komodo Mahal?
Penginapan atau Hotel di Labuhan Bajo termura mulai Rp. 30.000,00 - Rp. 1 Juta keatas.

Bagaimana cara menyewa perahu untuk berlayar ke Kepulan Komodo?
Caranya sangat mudah, anda jalan saja ke Pelabuhan dan tanya orang yang ada disitu, jangan lupa menawar harga yang paling murah.

Bererapa tempat yang wajib anda kunjungi di Kepulauan Komodo:
1. Pulau Komodo
2. Pulau Rinca
3. Pink Beach
4. Pantai Bidadari
5. Pulau kelelawar
6. Batu Cermin (berada di Labuhan Bajo).

Berikut ini adalah uraian mengenai wisata Taman Nasional Pulau Komodo


Dermaga Labuhan Bajo

Labuhan Bajo, labuhan Bajo sebenarnya nama salah satu desa dekat pantai yang menghubungkan daratan Manggarai Barat Menuju Kepulauan Komodo.

Komodo di pulau Rinca

Rinca adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Rinca beserta Pulau Komodo dan Pulau Padar merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Rinca berada di sebelah barat Pulau Flores, yang dipisahkan oleh Selat Molo. Pulau ini juga merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO, karena merupakan kawasan Taman Nasional Komodo bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Padar dan Gili Motang.

Komodo di pulau Komodo

Di Pulau Komodo banyak dijumpai habitat komodo yang berperawakan besar-besar. Komodo merupakan binatang langka dan adanya hanya ada dikelpulaun Komodo yaitu Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Panorama di pulau Komodo dilihat dari atas bukit

Untuk bisa menikmati keindahan panorama di Pulau Komodo, kurang lebih menempuh jarak 1,5 km dari pos utama pintu masuk Pulau Komodo. Untuk bisa melihat keindahan ini nanti kalian diantar oleh Guide, mendaki beberapa bukit untuk sampai diatas puncak. Karena kondisinya yang sangat panas saya sarankan untuk membawa air minum.

 Pink Beack di kepulauan Komodo

Pink Beach merupakan pantai yang paling indah yang aku pernah lihat selama ini, pantainya sangat jernih, dan pasirnya berwarna pink. Pink Beach merupakan salah satu ciptaan Allah yang tidak ternilai harganya, pantai ini merupakan salah satu paket wisata dikepulaun Komodo.

Berenang di Pink Beach

Karena pantainya yang sangat jernih, banyak sekali dijumpai para wisatawan mancanegara yang berenang disini, aku dan teman-teman juga tidak menyia-nyiakan untuk berenang disini. Bagi para perenang biasanya perahu berada kurang lebih diatas kedalam laut 15-20m, langsung meloncat dari atas perahu. Bagi yang tidak bisa berenang tapi ingin mencoba tidak perlu merasa takut, karena para awak perahu siap melatih kita berenang dengan bantuan kaki katak, baju pelampung, dan kacamata buat snorkling.

Pulau Bidadari

Pantai yang sangat bersih ini, kiranya cocok buat kita yang ingin menikmati udara pantai atau hanya sekedar bermain dengan ombak kecil. Untuk menuju pulau ini kita dapat menggunakan kapal yang kita sewa dari Labuhan Bajo, sedangkan waktu tempuhnya sekitar 30 menit sampai satu jam dari Labuhan Bajo (tergantung arah angin). Pulau ini juga berdekatan dengan pulau-pulau indah lainnya seperti Pulau Kelor.

Batu Cermin

Terletak di Kampung Wae Kesambi, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Gua Batu Cermin mudah dijangkau karena tidak jauh dari area pelabuhan di Labuan Bajo. Berkendara kurang dari setengah jam kami sudah sampai di depan plang tulisan Gua Batu Cermin dan tinggal menyusuri jalan setapak yang rata untuk menuju mulut gua.