Site and learn your application

Senin, 26 Mei 2014

Guru dan Wikipedia

Indo Amaterasu
Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia.

Apa kaitan Guru dan Wikipedia ?

Guru yang mempunyai kemauan tinggi untuk mengembangkan potensi secara terus-menerus, Guru yang siap mengikuti perubahan zaman dan tentunya Guru yang tidak berpatokan pada sumber buku saja, lebih baik bergabung dengan Wikipedia. Karena tujuan utamanya memberikan ilmu penegtahuan kepada manusia, Guru tidak hanya memberikan ilmunya di Sekolah tetapi bisa berbagi ilmunya secara luas melalui Wikipedia dan tentunya Guru juga bisa belajar dari Wikipedia.

Wikipedia dibuat dengan tujuan untuk memudahkan manusia mencari informasi dan mengelola setiap artikel atau konten yang ada, jadi Guru harus daftar dulu di pendaftaran Wikipedia, pendaftarannya gratis, tidak dipungut biaya. Setiap user (Guru) memungkinkan mengubah artikel yang tidak sesuai dengan fakta-fakta (atau dianggap salah) tetapi juga harus disertai dasar-dasar dan alasan yang kuat kenapa mengubah artikel tersebut. Misalnya artikel tentang Soekarno, Bpk. Soekarno dilahirkan di Blitar, Jawa Timur tetapi buku sejarah yang baru menjelaskan bahwa Bpk. Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur. Jadi Anda bisa mengubahnya karena mempunyai dasar-dasar yaitu buku baru mengenai Bpk. Soekarno.

Wikipedia tersedia dalam berbagai bahasa di Dunia, tergantung regional wilayahnya. Bila Guru ingin mengakses Wikipedia Indonesia caranya ketik URL http://id.wikiepedia.org dan bila ingin mengakses Wikipedia bahasa Ingris caranya ketik http://en.wikipedia.org, tidak hanya itu saja Wikipedia juga tersedia dalam bahasa Jawa yaitu http://jv.wikipedia.org.

Pesan buat para Guru-guru profesional mari kita belajar dan berbagi ilmu dengan Wikipedia.

Panduan membuat Akun Wikipedia >>

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish