Site and learn your application

Kamis, 01 Mei 2014

Jembatan Wae Mau, Saksi Hidup Peserta SM-3T

Indo Amaterasu
Foto mencuci pakaian di bawah jembatan Wae Mau
Sungai Wae Mau adalah sungai yang terletak di Kec. Satarmese Barat, Kab. Manggrai, Prov. Nusa Tenggara Timur. Dalam istilah Manggarai Wae artinya air jadi bisa diartikan air mau. Bila dilihat dari foto jembatan Wae Mau, jembatan ini setiap harinya ramai dilewati Otto (mobil transportasi) dan sepeda motor yang akan menuju kota Ruteng.

Di bawah sungai Wae Mau setiap sorenya ramai dikunjungi warga setempat, penduduk datang kesini untuk mandi, mencuci pakaian, mencari air minum, dan bahkan ada yang kencing, dan buang kotoran di Sungai ini. Dengan banyaknya orang yang melakukan aktivitas disungai Wae Mau, tetap saja airnya dianggap yang paling bersih. Kenapa penduduk Flores tidak membuat sumur, karena tanah Flores sangat tandus dan berbatuan, digalipun tidak ada airnya, sehingga sungai merupakan surganya air bagi masyarakat Flores.

Sungai Wae Mau menjadi saksi hidup Saya dan teman-teman ketika mengikuti program SM-3T. Bila musim kemarau datang, kami setiap pagi dan sore selalu datang kesini, hanya sekedar untuk mencuci pakaian dan mandi. Pengalaman ini sangat mengesankan, dan tidak bisa dilupakan seumur hidup, karena di Jawa Timur tempat asal Saya tidak pernah mengalami kehidupan menyatu dengan alam seperti ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish