Site and learn your application

Senin, 26 Mei 2014

Pengalaman Mengganti Domain Blogspot Menjadi DOT.COM

Indo Amaterasu
Pengalaman Mengganti Domain Blogspot Menjadi DOT.COM
Halo sahabat blogger kali ini Saya akan berbagi pengalaman mengganti domain blogspot.com dengan dot.com. Sebelumnya blog Saya http://amaterasulovers.blogspot.com sudah berumur 2 tahunan, trafik pengunjungnya antara 100-500/ hari. Kemudian Saya daftarkan Google Adsense memalui dashboard Blogger, dan tidak menunggu lama kira-kira 2 hari langsug diterima full approve. Saat itu Saya merasa senang sekali, itung-itung bisa menambah penghasilan sebagai jasa penayang iklan hehe.

Sebelumnya Saya penrnah bekerja sebagai Guru SM-3T dan kontrak habis, sambil menunggu panggilan kerja dan sambil mengisi waktu luang Saya gunakan untuk mendalamai Google Adsense. Saya mulai dengan mencari referensi kisah orang-orang sukses dengan penghasilan perbulan lebih dari Rp.100.000.000,00 dalam benak pikiran Saya, kalau orang lain bisa Saya pasti bisa.

Selama satu minggu memasang iklan Google Adsense di blog http://amterasulovers.blogspot.com hanya mendapatkan 1,8 dolar saja, kemudian Saya berfikir bagaimana caranya pengunjung mau klik iklan tersebut. Bila pengunjung tetap hanya 100-500/ hari maka pendapatan juga tetap kecil, maka aku pustuskan untuk membeli domain dot.com. Menurut para master SEO (Search Engine Optimization) menggunakan TLP (Top Level Domain) seperti dot.com, dot.org, dot.me, dan lain sebagainya mempercepat artikel terindeks oleh mesin pencari.

Karena status masih pengangguran, uang di dompet tinggal Rp. 2.000,00 dalam pikiran Saya bagimana caranya bisa mepunyai domain dot.com. Tanpa diduga ketika Saya online Facebook, dan chat dengan teman ngopi waktu kuliah kmudian anya-tanya tentang bagaimana cara mengganti domain blogspot dengan TLD, dia memberikan arahan tempat membeli domain murah. Kemudian Saya bilang, "sebenere juga pengen beli domain untuk blog http://amaterasulovers.blogspot.com bro tapi ga punya uang hehe", mungkin karena rezeki atau nasib lagi bagus beliau bilang "yo wes sini aku wae seng belikan, kan aku tahu masang iklan neng blogmu to, la iki duite wes cair jadi itung-itung bagi-bagi hasil " (komunikasi bahasa Jawa).

Akhirnya Saya beli domain di pasarhosting.com harganya Rp. 100.000,00 pelayanan di pasar hosting sangat baik, cepat direspon, Saya juga minta tolong untuk setting sekalian domain blogspot ke dot.com kurang lebih 10 menit domain langsung aktif dan bisa digunakan. Domain yang Saya beli yaitu www.indoamaterasu.com sesuai dengan alaman blog ini hehe.

Permasalahan muncul setelah merubah menjadi indoamaterasu.com, trafik pengunjung menjadi enol lagi jadi Saya harus memulainya lagi dari awal dengan mendaftarkan domain di Google Webmaster, dan Bing Webmaster. Bukan hanya itu Saja iklan Google Adesene di indoamaterasu.com juga tidak muncul, kemudian Saya tanya di Suport Google Adsense untuk menampilkan iklan di situs non hosting (selain blogspot) situs harus didaftarkan dulu kemudian direview ulang sampai iklan muncul. Sejak pertama kali Saya mengganti domain sampai Saya menulis artikel ini kurang lebih selama dua minggu iklan juga belum muncul, dan belum juga mendapat notifikasi email Google Adsense.

Kesimpulan berdsarkan pengalaman tersebut, bahwa untuk mencapai dan mendapatkan sesuatu tidaklah mudah, harus sabar dan tetap semangat. Dan yang terpenting lagi jadikan ngeblog sebagai hobi, kalau tujuannya mecari uang Anda akan cepat bosan dan semangat-semangatnya mungkin hanya satu bulan pertama.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish