Site and learn your application

Jumat, 16 Mei 2014

Sopi dan Moke Minuam Khas Dari Manggarai Nusa Tenggara Timur

Indo Amaterasu
Kurang lebih selama satu tahun semenjak mengikuti program Sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM-3T) dan mendapatkan penempatan di Manggarai Nusa Tenggara Timur cukup bagi Saya untuk  mengenal kebudayaan di tanah Flores. Minum-minuman keras merupakan hal biasa dan sudah menjadi budaya bagi masyarakat Manggarai, tidak ada larangan dari pihak kepolisian atau dinas setempat.

Sopi dan Moke adalah nama minuman keras berasal dari kabupaten Manggarai, keduanya terbuat dari penyulingan pohon enau. Sopi lebih famililiar di Manggarai sedangkan Moke familiar di Manggarai Timur, Aimere dan Bajawa. Minuman tersebut benar-benar alami tanpa campuran zat kimia berbahaya seperti bensin, spiritus sehingga efek sampingya tidak terlalu besar.

Sopi dan Moke biasanya digunakan untuk menyambut kedatangan tamu baru, untuk upacara adat, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bersifat resmi. Ketika pertama kali datang di Manggarai dan diterima dengan menggunakan upacara adat kami dikasih sedikit Sopi sebagai simbol telah diterima sebagai keluarga baru. Seperti halnya dengan rapat-rapat di Sekolah, di Kecamatan disela-sela acara pasti ada Sopinya.

Yang sangat menarik dari kehidupan masyarakat Flores meskipun Sopi dan Moke melekat dalam budayanya mereka juga tahu aturan, minum secukupnya saja dan jangan sampai membuat kacau dengan orang lain. Sopi dan Moke dijadikan minuman penghangat tubuh alami dari pohon enau, hal itu sangat mendukung sekali dengan kodisi Ruteng yang sangat dingin.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish