Site and learn your application

Sabtu, 03 Mei 2014

Trik Menyelesaikan Soal-Soal Tes CPNS/ ASN

Indo Amaterasu
Perhatikan beberapa poin berikut yang mungkin bisa diterapkan saat berhadapan dengan tipe soal ujian CPNS ataupun ujian masuk BUMN lainnya.

Untuk tes intelegensi umum:
  1. Pada tes verbal, yaitu dibagian sinonim, anonim maupun tes analogi, strategi yang paling efektif adalah dengan banyak berlatih. Cari dan hafalkan kata-kata yang asing bagi Anda dalam kamus, surat kabar, beritas, google, dan lain sebagainya.
  2. Untuk menjawab soal penalaran logika dan analitis, Anda sebaiknya melihat terlebih dahulu pilihan jawaban soal dan membandingkannya satu persatu. Hilangkan jawaban yang jelas salah, hingga anda menemukan pilihan jawaban yang paling tepat atau mendekati.
  3. Pada bagian penalaran visual, konsentrasi tinggi untuk melihat pola yang ada ataupun tersembunyi dari rangkaian gambar adalah strategi dan trik yang dapat penulis berikan. Konsentrasi pada gambar dan banyak berlatih mengenali perubahan pola dengan banyak mengerjakan tes sejenis.
  4. Bagian yang paling sulit bagi setiap orang adalah teh logika aritmatika dan kemampuan aljabar. Yang paling menentukan keberhasilan menyelesaikan soal ini adalah kecepatan dalam mengerjakan mengerjakan matematika atau menerjemahkan soal matematika kedalam bentuk matematika. Namun untuk beberapa soal metode eliminasi seperti menyelesaikan soal penalaran logika alalitis dapat anda terapkan. Misalnya, jika terdapat soal 692 x 127 = ..
Untuk tes wawasan kebangsaan:
  1. Pada bagian Bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris, jika ada soal bacaan atau text based, sementara bacaan yang ada terlalu panjang untuk dibaca, maka anda lebih baik membaca soal terlebih dahulu, kemundian mencari jawaban pada bacaan tersebut.
  2. Pada bagian lain seperti falsafah ideologi pancasila, Kebijakan Pemerintah, ataupun Tata Negara, strategi yang mungkin dilakukan adalah dengan banyak mebaca buku, surat kabar, mendengar, melihat, dan membacar informasi terkini (update) yang merupakan dasar pengetahuan tersebut.
Yang paling penting lagi bila Anda ingin lolos tes CPNS/ ASN bila usaha seperti belajar sudah dilakukan yaitu Anda wajib berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga tulisan Saya bermanfaat bagi para pembaca. Wasalam !