Site and learn your application

Minggu, 04 Mei 2014

Wisata Pantai di Kabupaten Trenggalek

Indo Amaterasu
Foto pantai Pasir Putih Prigi
Foto pantai Pasir Putih Prigi

Kab. Trenggalek adalah tempat kelahiran Saya, sejak sekolah TK, SD, SMP, SMA juga ada di Trenggalek meskipun pada akhirnya semenjak kuliah dan kerja merantau diluar Trenggalek dan diluar pulau  Jawa. Saya menulis artikel ini dengan tujuan untuk memudahkan  Anda yang ingin mengetahui informasi tempat wisata pantai di Trenggalek. Banyak sekali tempat wisata, diantaranya : 
  1. Pantai Prigi
  2. Pantai Mujungan
  3. Pantai Pelang.
Berikut ini ulasan mengenai pantai-pantai yang ada di Kab. Trenggalek 

Pantai Prigi
Wisata pantai yang paling banyak dikunjungi di Trenggalek adalah pantai Prigi, pantai ini terkenal karena pasir putihnya sehingga tiap akir pekan atau liburan sekolah banyak sekali wisatawan dari luar Trenggalek yang datang kesini. Selain pasir putih Anda juga bisa datang ke-pantai Prigi, disini Anda bisa melihat para nelayan yang menarik jala dari tengah lautan. Pengalaman Saya yang sering datang kesini biasanya ikut menarik jaring bersama warga setempat. Ada 3 pantai yang ada di Prigi yaitu: pantai Prigi, pantai Pasir Putih, dan pantai Karanggongso.

Lokasi Pantai Prigi
Pantai Prigi Trenggaek, Jawa Timur tepatnya terletak di Ds. Tasikmadu, Kec. Watulimo, atau sekitar 48 Km arah selatan Kota Trenggalek. Selain menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi, pantai Prigi juga merupakan pelabuhan nasional, dimana tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan pulau Jawa.
Letak pantai prigi on Google Map

Akes Menuju Pantai Prigi
Untuk dapat ke Pantai Prigi yang Indah ini Anda bisa melalui jalan yang sebagian besar sudah beraspal hotmix dengan kondisi baik dan sebagian sedang. Pencapaian dari kota Trenggalek dan Tulungagung melalui Kec. Durenan Trenggalek dari Bandung Tulungagung dengan jarak ±30 km.
Foto pasir putih pantai prigi, Trenggalek
Foto pasir putih pantai prigi, Trenggalek
Foto Pantai Karanggongso, Trenggalek
Foto Pantai Karanggongso, Trenggalek


Pantai Pelang
Pantai yang paling indah dan masih alami menurut Saya adalah pantai Pelang, pantai ini belum terlalu banyak dijamah manusia, sehingga masih kelihatan alami. Hal itu disebabkan karena lokasi menju pantai Pelang sangat jauh, tetapi bagi Anda yang suka berpetualang jalan menuju kesana sangat cocok bagi Anda. 

Lokasi Pantai Pelang
Pantai Pelang terletak di Ds. Wonocoyo, Kec. Panggul 57 km barat kota Trenggalek dengan luas pantai 10 ha dan panjang 2 km. Karakteristik pantai Pelang adalah lebar an panjang dengan deburan ombak dan angina yang cukup kencang yang mengundang sensasi untuk aktivits berenang/ bermain (dalam pengawasan). Di kawsan ini juga terdapat air terjun dengan ketinggian 25 meter yang dapat untuk mandi dan membuat awet muda, terdapat bukityang dapat untuk melihat panorama laut lepas dan goa di bawah bukit karang dengan kedalaman ±500 meter.
Pantai Pelang on Google Map


Akses Menuju Mantai Pelang
Jarak tempuh ke-pantai Pelang dari kota Trenggalek 57 km, Surabaya, Kediri, Malang, Blitar, Madiun, Ponorogo. Melalui jalan beraspal hotmix dengan kondisi baik dan sebagian sedang. Pencapaian dari arah koata Trenggalek ke arah barat daya melalui Karangan, Suruh, Dongko, Panggul. Dari IKK Panggul selatan sejauh 3 km. Juga dapat dicapai dari arah Kab. Pacitan melalui kecamatan Lorok. Model transportasi (sepeda motor, mobil, minibus dan bus dapat sampai lokasi). MPU jurusan Trenggalek, Dongko, Panggul, dengan kode U atau minibus jurusan Trenggalek, Pacitan  lewat Panggul, Lorok atau travel Paradimas trayek Panggul, Surabaya PP lewat Trenggalek.
Foto Pantai Pelang, Trenggalek
Foto Pantai Pelang, Trenggalek

Pantai Munjungan
Pantai yang terkenal di Munjungan adalah pantai Blado. Perjalanan ke-pantai ini sangat menantang, dijamin memcau adrenalin Anda, terutama yang belum pernah kesini. Saran penulis bagi Anda yang berasal dari luar Kab. Trenggalek sebaiknya bertanya-tanya dulu di Kec. Kampak sebelum memutuskan untuk jalan ke-pantai Mujungan. Jalannya yang sangat menajak, disamping kanan kiri jurang, banyak sekali jalannya dengan pola leter S. Tidak jarang banyak yang masuk jurang karena belum menguasai medan, untuk menghindari hal teserbut sebaiknya Anda mempersiapkan diri.

Lokasi Pntai Blado Munjungan
Pantai Blado bertempat di Ds. Munjungan, Kec. Munjungan, 49 km arah selatan dari kota Trenggalek, ± 80 km dari Tulungagung, 230 km dari Surabaya. Luas pantai Blado ±25 ha panjang 3 km. Berpanorama indah dengan tekstur pantainya putih, landai dan ombaknya yang besar sangat cocok untuk kegiatan selancar air. Keberadaannya sangat alami dan belum banyak terdapat aktivitas.
Pantai Munjungan on Google Map

Akses Menuju Blado Munjungan
Untuk mencapai ke lokasi, obyek wisata yang berada di IKK Munjungan dapat melalui jalur jalan ke Gandusari dan Kampak atau melalui Kec. Dongko dengan kondisi jalan aspal baik hingga sedang, cukup menantang, tipikal jalan pegunungan (areal perhutani berkelok-kelok, banyak tikungan tajam dan sempit, membutuhkan kewaspadaan tinggai. Dari IKK Munjngan menempuh jarak 2 km ke selatan dilalui arah jalan Munjungan – Panggul, untuk menuju pantai masuk sejauh 200 meter melalui jalan tanah. Mode transportasi umum sampai IKK Munjungan minibus kode S2 (jurusan Trenggalek-Kampak-Munjungan).
Foto pantai Blado Munjungan
Foto pantai Blado Munjungan

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish