Site and learn your application

Jumat, 30 Mei 2014

Yang Harus Diperhatikan Saat Mau Belanja Onlie Bagi Newbe (Pemula)

Indo Amaterasu
Belanja online sekarang telah menjadi tren bagi sebagian besar orang, namun bagi yang belum pernah belanja online pasti takut untuk melakukannya, takut ditipu, takut barang tidak terkirim, takut barang yang dikirim barangya cacat. Ya itu sangat wajar, Saya dulu juga pernah mempunyai pengalaman seperti itu. 

Ceritanya saat Saya tugas di Kab. Manggarai, Prov. Nusa Tenggara Timur, ketika itu laptop ASUS rusak dan akhirnya ingin membeli laptop baru dan setelah mutar-mutar di kota Ruteng harganya selangit hampir selisih Rp. 700.000 sampai Rp. 1.000.000. Akhirnya browsing di Internet, dan menemukan laptop yang harganya cocok dengan tabungan, kemudian Saya putuskan untuk membeli laptop tersebut. Awalnya ragu-ragu bagaimana kalau ditipu, akhinya nekat Saya transfer uang dan satu minggu kemudian barang telah sampai (maklum di daerah terpencil) kalo kota-kota besar paling lama tiga hari sampai).

Berdasarkan pengalam tersebut Saya ingin membagikan tips bagi Anda yang baru akan melakukan pembelian online. Berikut ini yang harus diperhatikan saat mau melakukan belanja Online :
  1. Pastikan penjual online valid alamatnya, walau tidak punya toko paling tidak ada alamat rumah dong.
  2. Pastikan penjual online selalu siap untuk dihubungi dan memiliki empati dan perhatian kepada pelanggan baik melalui telepon, BBM atau saluran yang bisa dihubungi lainnya.Perhatikan harga, jika selisih terlalu jauh dari harga pasar yang umum, itu patut anda waspadai. Hati-hati dengan tawaran yang tidak masuk akal.
  3. Gunakan referensi atau testiomoni pihak lain jika ada teman atau tetangga yang pernah belanja di penjual online/ toko online tersebut.
  4. Gunakan rekening bersama untuk meyakinkan bahwa penjual akan mengirim barangnya dan penjual tidak akan menipu dengan tidak mengirim barang.
  5. Usahakan ada jaminan/ garansi jika terjadi masalah dengan barang yang baru dikirim.
  6. Coba browsing mengenai reputasi penjual / toko online yangbersangkutan. Misalnya dengan mengunjungi http://www.polisionline.com/.
Selamat berbelanja, waspadalah selalu dan jangan lupa shodaqoh pada yang membutuhkan walau sedikit.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish