Site and learn your application

Jumat, 27 Juni 2014

Cara Menjadikan Android Remote TV dan AC

Indo Amaterasu
Cara Menjadikan Android Remote TV dan AC
Sekarang ini tidak ada yang namanya tidak memungkinkan dalam dunia teknologi, semuanya bisa terjadi dan dapat menudahkan kinerja manusia. Menurut Saya jangan pernah meremehkan anak kecil ketika dia berhayal membuat ponsel dari tanah liat, memuat pesawat dari kertas, karena seorang inovator harus mempunyai hayalan seperti anak-anak.

Smartphone dan tablet yang menggunakan platform OS Android bisa dibilang cukup ‘leluasa’ untuk dioprek. Terlebih, banyak fitur dan dukungan aplikasi yang dapat dieksplorasi untuk meningkatkan performanya. Misalnya saja, menjadikan ponsel atau tablet Android sebagai remote TV/AC.

Droiders yang hobi ‘ngutak-ngatik’ gadget sambil nonton TV pastinya akan lebih nyaman jika bisa langsung menggonta-ganti channel siaran TV dari ponsel atau tablet, tanpa harus menggunakan remote TV yang kadangkala suka terselip atau lupa meletakannya.

Saat ini, sudah banyak loh smartphone maupun tablet Android yang dibekali fitur/aplikasi remote untuk perangkat elektronik (TV, DVD, Sound Sistem, Home Teather hingga AC), contohnya Sony Xperia Z2 Tablet. Untuk mengkoneksikan remote ini pun banyak caranya, bisa menggunakan koneksi Bluetooth, WiFi bahkan IR (InfraRed).

Nah, untuk ponsel/ tablet Android yang belum memiliki fasilitas bawaan remote ini pun bisa juga memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Bahkan, banyak pula brand elektronik yang menawarkan aplikasi remote untuk menghubungkan gadget kesayangan Anda dengan perangkat elektronik besutan mereka.

Di tips kali ini, Saya akan mengulas cara menjadikan ponsel atau tablet Android menjadi remote TV/AC :
  1. Download dan install aplikasi IR Remote dari Google Play Store.
  2. Selanjutnya, jalankan aplikasi remote tersebut dan Anda akan menjumpai beberapa opsi menu.
  3. Pilih ‘IR Database’ untuk menampilkan daftar brand dari produk TV.
  4. Tentukan brand produk TV yang Anda gunakan, misalnya LG.
  5. Berikutnya, Anda akan mendapatkan tampilan interface/antarmuka sebuah remote TV layaknya remote konvensional.
Nah, Anda pun sudah bisa menggonta-ganti channel TV dan mengatur volume suara.
Selain aplikasi IR Remote, masih banyak kok aplikasi serupa dengan fasilitas yang jauh lebih komplit. Bahkan, bisa digunakan untuk mengatur AC, DVD player, HiFi, DSLR Camera, Car Audio, Xbox 360 dan sebagainya. Berikut daftarnya:
Samsung IR-Universal Remote

Aplikasi besutan POWER7 Net ini bisa menjadikan smartphone atau tablet Android sebagai remote TV, AC, DVD player, BluRay, Cable/Satelite Boxes, Media Player, Home Cinema, Audio System, HiFi, Xbox 360, RGB Leds dan masih banyak lagi. Ditawarkan dalam dua versi, gratis dan berbayar (Pro).

Interface dan penggunaan fitur remote di aplikasi ini disesuaikan dengan antarmuka remote control sesuai dengan tipe produk dari brand bersangkutan. Artinya, Anda akan tetap dapat mengontrol semua fitur bawaan TV atau perangkat elektronik rumah dari ponsel/tablet Android layaknya memakai remote control bawaan.

Droiders bisa langsung memilih mode remote control-nya, dan langsung praktekan ke perangkat elektronik. Untuk koneksinya menggunakan InfraRed.

Buat pemilik Smart TV merek LG, bisa menjajal aplikasi remote control ini. Aplikasi besutan LG Electronics ini dapat membantu Anda mengontrol semua fitur yang ada di Smart TV LG, langsung dari ponsel maupun tablet Android.

Anda bisa mengatur channel hiburan khusus, menampilkan home TV, mengatur volume dan banyak lagi. Dan Anda tetap bisa terhubung dengan semua fitur yang ada di gadget kesayangan, termasuk berbagi (sharing) apa yang Anda saksikan langsung ke jejaring sosial.

Untuk menghubungkan fitur remote control di aplikasi ini, Droiders  harus menggunakan koneksi yang sama antara smartphone/tablet Android dengan Smart TV yakni jalur WiFi.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish