Site and learn your application

Jumat, 06 Juni 2014

Jangan Pecraya Informasi CPNS/ ASN Yang Bukan Dari Sumber Resminya

Indo Amaterasu
Desas-desus informasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau sekarang disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) memang membuat resah semua kalangan terutama yang ingin daftar tes CPNS. Hampir setiap hari ketika mendapatkan informasi pembukaan formasi CPNS, selalu browsing di Internet dan kebanyakan mereka menemukan informasi dari web lain yang bukan dari pemerintah pusat.

Informasi yang berasal dari web atau blog yang dikeluarkan bukan dari pemerintah pusat dan daerah, persyaratan ikut tes CPNS pada umumnya membuat galau bagi para pelamar. Misalnya ada persyaratan pendaftar usia maksimal 30 tahun, harus mempunyai tes TOEFL 400 keatas, dan lain sebagainya. Bukan berarti kedua contoh tersebut tidak masuk persyaratan, tetapi terkadang hanya lembaga tertentu seperti CPNS Kementrian baru menetapkan TOEFL untuk pendaftar. Namun untuk kalangan guru biasanya tidak menggunakan tes TOEFL.

Terus bagaimana cara melihat bahwa itu info resmi atau bukan??

Karena pelaksanaan tes CPNS diselenggarakan oleh pemerintah, cara termudah dengan mengenal domain website.

Apa itu domain website?

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "www.indoamaterasu.com". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Lalu nama domain apa yang dipakai pemerintah Indonesia?

Khusus untuk pemerintahan di Indonesia menggunakan domain DOT.GO.ID (.GO.ID). Go artinya Government dan ID adalah Indonesia.

Bila Anda menemukan informasi CPNS, misalnya www.asncpns.com, www.cpns.com, www.cpnsonline.com. Dengan menggunakan domain DOT.COM, itu bukan berasal dari pemerintah. Nama domain .COM ditujukan untuk kalangan COM (Comersial). Lalu kenapa pembuat website mau menapilkan artikel tentang CPNS? ya tujuannya untuk menaikkan jumlah pengunjung blog, dengan memberikan iformasi palsu, selain itu agar iklan yang ada diwebsite diklik pengunjung sehingga yang punya website mendapatkan uang hehe.

Cara termudah untuk mengetahui informasi resmi bisa melalui www.menpan.go.id, atau website badan kepegawaian daerah, misalnya www.bkdtrenggalek.go.id, bkd.madiun.go.id.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish