Site and learn your application

Jumat, 27 Juni 2014

Mempercepat Perfoma Android Yang Mulai Lemot

Indo Amaterasu
Mempercepat Perfoma Android Yang Mulai Lemot
Saat pertama kali kita memiliki ponsel Android baru kinerjanya sangat cepat dan setelah beberapa lama perfomanya mulai menurun, itu fakta yang banyak dialami user Android termasuk Saya. Anda tidak perlu resah dan khawatir menghadapi masalah tersebut, karena bisa dioptimalkan kembali supaya perfoma ponsel Android Anda tidak lemot.

Berikut ini cara meingkatkan perfoma ponsel Android :
  • Matikan Animasi
Mempercepat Perfoma Android Yang Mulai Lemot 2
Dengan mematikan animasi, maka ponsel perpindahan menu ponsel Anda akan terasa lebih gesit. Untuk mematikan animasi silakan masuk ke setting > Developer options lalu matikan ketiga animasi Android yang digunakan oleh ponsel Anda. Ketiga animasi tersebut adalah Window animation scale, Transition animation scale dan Animator duration scale.
  • Matikan Live Wallpaper
Mempercepat Perfoma Android Yang Mulai Lemot 3
Selain dapat menghemat konsumsi daya, mematikan live wallpaper juga dapat membuat kinerja ponsel Anda jadi lebih cepat. Silakan masuk ke setting > display lalu ganti live wallpaper Anda dengan wallpaper biasa.
  • Singkirkan aplikasi yang tak perlu
Banyaknya aplikasi dan game Android yang gratis kerap membuat pengguna untuk tertarik menginstalnya meski sebetulnya tidak terlalu perlu. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di background maka akan semakin berat pula kinerja ponsel yang Anda miliki. Demikian pula jika ruang kosong atau free storage pada ponsel Anda tinggal sedikit maka performanya juga akan melambat. Untuk menyingkirkan atau uninstall aplikasi Android, Anda bisa melakukannya dengan masuk ke Play Store > My Apps dan memilih satu persatu aplikasi yang ingin dihapus. Jika Anda ingin menghapus aplikasi tanpa koneksi internet, Anda dapat melakukannya dengan masuk ke setting >App >All.
  • Kurangi jumlah widget
Mempercepat Perfoma Android Yang Mulai Lemot 4
Widget pada Android adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sejenis ikon yang punya kemampuan untuk menyajikan sejumlah informasi. Widget juga dapat berupa shortcut dari sebuah aplikasi yang punya fungsi lebih kompleks. Dengan karakteristik tersebut, maka widget akan terus menerus berjalan di background. Nah agar performa ponsel Anda tetap gesit, mengurangi jumlah widget adalah langkah sederhana yang secara drastis akan mengurangi jumlah proses yang berjalan di background. Bagi Anda yang menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android KitKat, mematikan Google Now juga dapat secara efektif meningkatkan kinerja ponsel Anda.
  • Gunakan kartu microSD berkecepatan tinggi
Mempercepat Perfoma Android Yang Mulai Lemot 5
Untuk meningkatkan kapasitas memori internal, pengguna biasanya dapat menysipkan kartu microSD ke slot yang disediakan. Selain dapat membuat memori terasa lebih lapang, penambahan kartu microSD ternyata juga dapat membebani kecepatan ponsel dalam memproses informasi yang diperlukan. Dengan menggunakan kartu microSD kelas 6 atau 10, ponsel Anda kini dapat membaca atau menuliskan informasi kedalam kartu memori dengan kecepatan yang lebih tinggi.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish