Site and learn your application

Selasa, 03 Juni 2014

Perbedaan Adobe Photoshop CS Dengan Adobe Photoshop Lightroom

Indo Amaterasu
Perbedaan Adobe Photoshop CS Dengan Adobe Photoshop Lightroom
Beberapa waktu yang lalu ketika browsing di Internet, Saya menemukan Adobe Photoshop Lightroom. Saya kira ini versi Adobe Photoshop yang terbaru, ternyata setelah diinstall di komputer ternyata fitur-fiturnya sangat berbeda.

Perbedaan Adobe Photoshop CS dengan Adobe Photoshop Lightroom :
  1. Adobe Photoshop CS lebih ditujukan untuk memanipulasi dan edit gambar.
  2. Adobe Photoshop Lightroom lebih ditujukan untuk kalangan fotografer, fitur-fiturnya sangat sederhana tidak serumit Adobe Photoshop CS.  Tol yang digunakan lebih kepengelolaan kombinasi warna dan efek.
  3. Adobe Photoshop Lightromm tidak bisa melakukan fungsi edit dan manipulasi gambar foto.
  4. Di Amerika Serikat kalangan fotografer yang menggunakan Adobe Phosohop Lightromm 90%, sedangkan yang menggunakan Adobe Photoshop CS 10%, hal ini terbalik dengan Indonesia yang menggunakan 90% Adobe Photoshop CS, dan yang menggunakan Adobe Photoshop Lightromm 10%.
  5. Kesimpulannya bila para fotografer menginginkan tol sederhana dengan memberikan efek warna yang luar biasa dan tentunya hemat waktu, wajib menggunakan Adobe Photoshop Lightroom.
Supaya lebih paham lagi mengenai perbedaan diantara keduanya sebaiknya Anda mengetahui kelebihan dan kelemahan Antara Adobe Photoshop CS dan Adobe Photoshop Lightrom, berikut penjelasannya.
Perbedaan Adobe Photoshop CS Dengan Adobe Photoshop Lightroom
Tampilan Adobe Photohop CS

Kelebihan dan kekurangan Adobe Photoshop CS :
  1. Membuat tulisan dengan effect tertentu. Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya
  2. Membuat tekstur dan material yang beragam. Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya
  3. Mengedit foto dan gambar yang sudah ada. Dengan Photoshop kita dapat merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun. Atau dalam Design Grafis disebut vector and vexel.
  4. Memproses materi Web. Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.
  5. Kelemahan Adobe Photoshop. Kelemahan Adobe Photoshop dalam menciptakan Image adalah bahwa Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan juga dengan berkembangnya versi Photoshop sekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula.
Perbedaan Adobe Photoshop CS Dengan Adobe Photoshop Lightroom
Tampilan Adobe Photoshop Lightroom

Kelebihan dan kekurangan Adobe Photoshop Lightromm :
  1. Lebih efisien dan hemat waktu dan tenaga. Jika anda banyak melakukan pengambilan photo maka dengan Lightroom anda tidak usah membuka banyak layer, photo akan ditampilkan secara thumbnails. dan mempermudah anda untuk memilih dan mengedit secara mudah dan cepat.
  2. Tampilan program khusus untuk fotografer. Tool dan fungsi yang ada di Lightroom lebih sederhana dan tidak ribet dengan fitur-fitur lainnya, fitur yang disediakan lebih ke arah penggunaan efek warna, crop, preset, dan ukuran pixel.
  3. Cukup perkasa dan kaya fitur. Selain fitur standar fotografer di Lightroom juga menyediakan beberapa fitur lainnya seperti menghilangkan jerawat, noise dan bercak pada photo.
  4. Tethered shooting. Jika anda bekerja di Studio photo, maka Lightroom sangat wajib dimiliki karena aplikasi ini bisa langsung terhubung dengan kamera dan komputer dengan USB sebagai penghubungnya, Saat anda melakukan pengambilan gambar secara otomatis photo akan tampil dilayar komputer.
  5. Non-destruktif editing. Seperti halnya photoshop, aplikasi ini juga mecatat semua histori pengedita, jadi jika kita melakukan kesalahan di step lanjutan maka bisa kembali ke step sebelumnya. 
  6. Pilihan preset yang banyak. Hal ini sangat berguna untuk mempermudah dan mempercepat waktu kerja editing. Fungsi preset di Lightroom mirip dengan "Action" di Photoshop, namun dengan kemudahan untuk melakukan editing ulang setelah preset diaplikasikan pada foto. Untuk jelasnya saya akan bagikan salah satu preset Lightroom saya pada postingan Free Preset Lightroom.
  7. File manajemen. Seperti halnya ACDsee, Lightroom juga digunakan untuk melakukan manajemen file photo, mengelompokan photo sesuai jenis, ukuran, tanggal, dll.
  8. Apa yang tidak bisa dilakukan di Lightroom? Lightroom tidak bisa memanipulasi objek. Sehingga jika ingin melakukan editing lebih lanjut, bisa dilakukan di Photoshop.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish