Site and learn your application

Senin, 07 Juli 2014

Bahaya Menggunakan Charger KW

Indo Amaterasu
Bahaya Menggunakan Charger KW
Konsumen punya kebebasan memilih apakah ingin memakai charger KW yang lebih murah, atau charger original yang meski jauh lebih mahal namun tak perlu was-was soal keamanannya.

Namun mengingat charger original kalah populer dibandingkan charger KW yang lebih murah, akan menyulitkan konsumen yang ingin memakai charger asli pabrikan gadget. Bagaimana cara membedakannya?

Disebutkan gadget enthusiast Lucky Sebastian, bagi yang berpengalaman, secara kasat mata memang akan sulit membedakannya. Dia hanya bisa memberi saran.

"Ada baiknya ketika membeli charger, charger asli dibawa untuk dibandingkan," ujarnya kepada Indoamaterasu, Rabu (2/7/2014).

Pentolan komunitas pecinta gadget Gadtorade ini juga menganjurkan untuk membeli di tempat-tempat resmi guna meminimalisir kemungkinan mendapatkan charger yang tidak asli.

Pasalnya, charger KW bisa saja ada yang dibuat bagus, dilengkapi dengan sejumlah standar keamanan. Bahkan dilengkapi lambang-lambang sertifikasinya sehingga sulit dibedakan. Namun tetap saja, seringkali dibuat mengejar biaya murah.

Untuk menekan biaya pembuatan charger, banyak komponen di dalam charger yang seharusnya untuk safety, untuk kestabilan, daya tahan, dihilangkan.

"Akibatnya charger KW seringkali membuat device lebih mudah rusak karena arus yang dialirkan tidak stabil, dan tidak punya pengaman arus di dalamnya. Risikonya selain charger dan device bisa cepat rusak, juga berisiko terhadap sengatan listrik pada device atau terbakar," terangnya.

Director MIDH Director Lenovo Indonesia Agus Sugiharto punya pendapat senada soal ini. Vendor gadget seperti Lenovo, hanya merekomendasikan untuk menggunakan charger original.

"Kami mendesain charger-nya sesuai dengan kebutuhan ponsel yang bersangkutan dan sudah melalui tahapan uji coba serta quality check. Charger original di desain sesuai dengan kebutuhan, baik tegangan atau arus listriknya," sebutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish