Site and learn your application

Senin, 21 Juli 2014

Hubungan antara Kematangan Emosi, Kontrol Agresi, dan Penyesuaian Diri pada Siswa SMK Pekerjaan Umum (PU) Malang

Indo Amaterasu
Lestari, Rena Yulia. 2010. Hubungan antara Kematangan Emosi, Kontrol Agresi, dan Penyesuaian Diri pada Siswa SMK Pekerjaan Umum (PU) Malang. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra Elia Flurentin, M.Pd. (II) Drs. Hariadi Kusumo

 Kata Kunci : kematangan emosi, kontrol agresi, penyesuaian diri

Masa remaja merupakan suatu masa dimana ketegangan emosi meninggi terutama di bawah tekanan sosial dan kondisi baru. Remaja dikatakan sudah mencapai kematangan emosi apabila tidak meledakkan emosinya dihadapan orang lain, akan tetapi dengan menempatkannya secara tepat dan dengan cara-cara yang bisa diterima orang lain. Salah satu contoh ketidakmampuan remaja dalam mengontrol agresi yaitu peningkatan perilaku agresif. Remaja yang kurang matang emosinya dapat lebih mudah muncul perilaku agresinya daripada yang matang emosinya. Apabila remaja tidak mampu mengontrol emosi dan agresinya, akan menyebabkan terganggunya hubungan sosial sehingga remaja tersebut mengalami kesulitan penyesuaian diri dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi, kontrol agresi, dan penyesuaian diri pada siswa SMK Pekerjaan Umum (PU) Malang.

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMK Pekerjaan Umum (PU) Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif dan korelasional. Subjek penelitian adalah siswa SMK PU Malang kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor, kelas X Jurusan Mesin Otomotif, kelas X Jurusan Survey dan Pemetaan dengan jumlah 67 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kematangan emosi, skala kontrol agresi, dan skala penyesuaian diri dengan model penskalaan Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment Pearson dengan taraf signifikansi 5% .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) cukup banyak siswa SMK PU Malang yang memiliki tingkat kematangan emosi dengan kategori sedang,(2) banyak siswa SMK PU Malang yang memiliki tingkat kontrol agresi dengen kategori sedang, (3) banyak siswa SMK PU Malang yang memiliki tingkat penyesuaian diri dengan kategori sedang, (4) terdapat hubungan positif dan rendah antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri, (5) terdapat hubungan positif dan tinggi antara kontrol agresi dengan penyesuaian diri, dan (6) ada hubungan antara kematangan emosi dan kontrol agresi dan penyesuaian diri dengan sumbangan efektif 31,7%.

Berdasarkan hasil penelitian, bagi konselor diharapkan memberikan bimbingan tentang hal-hal yang berkaitan dengan emosi dan cara yang tepat untuk mengendalikan serta mengontrol emosi melalui bimbingan secara khusus maupun dengan mengadakan seminar yang berkaitan dengan permasalahan emosi perilaku agresi, dan  penyesuaian diri siswa. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian tentang kematangan emosi,kontrol agresi dengan penyesuaian diri dengan metode yang berbeda. Misalnya dengan menggunakan metode penelitian kualitatif untuk melengkapi keakuratan data.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish