Site and learn your application

Senin, 21 Juli 2014

Hubungan antara Self Confidence dengan Aktualisasi Diri Siswa MAN Malang 1

Indo Amaterasu
Harisanto,Diki Bagus. 2010. Hubungan antara Self Confidence dengan Aktualisasi Diri Siswa MAN Malang 1. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd (II) Dra. Elia Flurentin, M.Pd.

Kata Kunci : Self confidence, aktualisasi diri, siswa MAN

Self confidence merupakan salah satu aspek psikis manusia yang sangat penting untuk dikembangkan. Individu yang mempunyai self confidence akan bertindak mandiri dengan membuat pilihan-pilihan hidupnya dan berani mengambil keputusan sendiri. Namun, tidak jarang siswa Madrasah Aliyah yang saat ini masih mempunyai self confidence masih terbatas. Faktor lain yang mempengaruhi self confidence adalah aktualisasi diri. Aktualisasi diri merupakan kebutuhan individu untuk dapat menggunakan segenap kemampuan dan potensinya. Aktualisasi diri juga sangat berperan dalam kehidupan individu. Dengan memiliki aktualisasi diri yang baik, individu akan dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki secara maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya suatu penelitian untuk mengetahui sejauhmana self confidence dan aktualisasi diri siswa MAN Malang I supaya dalam perkembangannya dapat mencapai perkembangan yang optimal.

Tujuan penelitian adalah untuk (1) mengetahui gambaran  self  confidence yang dimiliki siswa MAN Malang I, (2) mengetahui gambaran aktualisasi diri yang dimiliki siswa MAN Malang I, (3) mengetahui hubungan antara self confidence dan aktualisasi diri siswa MAN Malang I.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN Malang 1, yang berjumlah 699 orang. Sampel penelitian berjumlah 84 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak berdasarkan atas tingkatan atau strata dengan cara mengambil perwakilan tiap tingkatan kelas pada populasi siswa MAN Malang I. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket dengan klasifikasi jawaban sangat sesuai, sesuai,  kurang sesuai, tidak sesuai.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) sedikit siswa (34,5%) yang memiliki self confidence dalam kategori tinggi, banyak siswa (65,5%) yang memiliki self confidence dalam kategori sedang dan tidak ada siswa yang mempunyai self confidence rendah, sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar siswa MAN Malang I mempunyai self confidence dalam kategori sedang. (2) banyak siswa yang memiliki aktualisasi diri  (71,2%) dalam kategori tinggi, sedikit siswa (28,8%) yang memiliki aktualisasi diri  dalam kategori sedang dan tidak ada siswa yang memiliki aktualisasi diri rendah, sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar siswa MAN Malang I mempunyai aktualisasi diri dalam kategori tinggi. (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara self confidence dan aktualisasi diri pada siswa MAN Malang 1.

Dari hasil penelitian ini, maka disarankan kepada (1) Guru: sebagai bahan informasi bahwa self confidence dan aktualisasi diri siswa untuk dapat lebih dikembangkan (2) Konselor: sebagai masukan dalam upaya pengembangan self confidence dan aktualisasi diri pada siswa sehingga self confidence dan aktualisasi diri pada siswa dapat berkembang secara optimal. (3) Sekolah: diharapkan dapat bekerja sama dengan konselor untuk dapat mengembangkan self confidence dan aktualisasi diri yang ada pada diri siswa supaya siswa tidak ragu dalam melangkah dan tidak salah dalam mengambil keputusan.(4) Peneliti selanjutnya: diharapkan mampu mengembangkan hasil penelitian ini. Khususnya pengembangan instrumen penelitian dan kelengkapan data pendukung untuk lebih diperhatikan lagi sehingga penelitian selanjutnya bisa melengkapi kekurangan pada penelitian ini.





0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish