Site and learn your application

Selasa, 15 Juli 2014

Maria Zhang, Bos Yahoo yang Dijerat Isu Pelecehan Seks

Indo Amaterasu
Maria Zhang, salah satu bos di portal internet Yahoo, sedang menjadi sorotan. Ia digugat mantan anak buahnya karena kasus pelecehan seks. Tapi Yahoo meyakini dia tidak bersalah. Sebenarnya, seperti apa sosok Zhang?

Posisi Zhang terhitung cukup tinggi di Yahoo. "Zhang adalah Senior Director of Engineering at Yahoo, di mana saat ini dia memimpin tim konten mobile dan SDK untuk Yahoo Mobile dan Emerging Products," demikian tertera dalam profil Zhang di LinkedIn.

"Maria memimpin eksekusi dan arah dari Yahoo Sports, Yahoo Fantasy Sports, Yahoo News Digest dan aplikasi Yahoo," lanjut pernyataan di LinkedIn Venture Beat, Snein (14/7/2014).

Zhang tercatat bekerja di Yahoo sejak tahun 2013. Ia mendirikan perusahaan mobile bernama Alike yang diakuisisi Yahoo pada tahun tersebut, dan Zhang dimasukkan menjadi karyawan Yahoo.

Sebelum di Yahoo, Zhang pernah bekerja di raksasa teknologi Microsoft. Ia memang punya prestasi tinggi dan rekam jejak yang baik, sehingga Yahoo berniat membelanya habis-habisan dari tuduhan pelecehan seks yang baru saja menimpanya. Yahoo sangat yakin Maria tidak bersalah.

"Sama sekali tidak ada dasar atau kebenaran dalam tuduhan terhadap Maria Zhang. Maria adalah eksekutif teladan Yahoo dan kami berniat membersihkan namanya," kata perwakilan Yahoo.

Seperti diberitakan sebelumnya, Maria digugat oleh mantan anak buah perempuannya yang bernama Nan Shi ke pengadilan Santa Clara Superior Court, California. Nan Shi bekerja untuk Maria pada tahun 2013.

Menurut Nan Shi, Maria memaksanya beberapa kali melakukan oral seks dan juga seks melalui media digital di kantor pusat Yahoo yang berlokasi di Sunnyvale, California. Nan Shi dijanjikan karir yang cemerlang jika mau menuruti kemauan tidak wajar dari Maria.

Nan mengklaim karena ia menolak permintaan Maria itu, nilainya di perusahaan menjadi jelek dan akhirnya ia diberhentikan. Tapi sejauh ini, belum ada bukti mengenai kebenaran ceritanya tersebut.