Wednesday, July 23, 2014

Memahami Perbedaan Upgrade dan Update

Mungkin kita sering mendengar istilah Upgrade dan Update, baik itu dalam dunia Komputer, maupun Ponsel. Namun pertanyaan yang sering muncul, "Apakah Upgrade dan Update itu sama?" jawabanya "tidak sama". Untuk memahami perbedaan Upgrade dan Update berikut ini ada beberapa pengertian yang ditinjau dari berbagai sudut pandang.
Upgrade vs Update

Pengertian Upgrade dan Update

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Upgrade → berarti menaikkan
Update → berarti memperbarui

Pengertian Upgrade dan Update dalam dunia Komputer

Upgrade → Penggantian produk dengan versi yang lebih baru atau lebih baik dari produk/ perusahaan yang sama. Misalnya sekarang komputermu menggunakan versi 1.0 suatu software untuk upgrade kamu harus menggunakan versi 2.0 atau ke atasnya. Untuk hardware misalnya dari RAM 512 MB diupgrade ke 1 GB.

Update → Pembaharuan yang dirancang untuk memperbaiki masalah dengan memperbaharui sebuah program komputer atau penambahan data pendukung. Ini termasuk memperbaiki kelemahan keamanan (bug) dan meningkatkan kegunaan atau kinerjanya. Biasanya lebih banyak didengar untuk penambahan database antivirus.

Pengertian Upgrade dan Update dalam dunia Ponsel

Upgrade  → Misalnya Anda mempunyai ponsel Android dengan media penyimpanan "Memory Card" hanya 2 G, dan ingin menaikkan mejadi 8 G, disebut dengan Upgrade.

Update → Misalnya ponsel Android yang Anda pakai menggunakan OS Jelly Bean, kemudian ingin mengganti OS Kit Kat, disebut Update.

Kesimpulan 

Upgrade tidak hanya ditujukan pada Hardware (perangkat keras), namun juga ditujukan untuk Software (perangkat lunak). Upgrade mempunyai arti meninggikan, bisa juga meninggikan spek Komputer seperti mengganti prosesor keluaran terbaru, mengganti RAM, dan mengganti VGA yang lebih tinggi. Penjelasan Update pada software seperti mengganti Windows 7 dengan Windows 8, mengganti OS Jelly Bean dengan OS Kit Kat.

Update artinya memperharui, jadi lebih ditujukan untuk software (perangkat lunak) seperti Update file database Antivirus, Update Patch Windows, dan lain sebagainya.

4 comments

Hallo gan, artikelnya sangat bagus. Btw cek lagi gan di paragraf kesimpulan line ke dua terahir, itu seharusnya upgrade atau update ya undtuk dari jely bean kekitkat?

Thank you.

Makasih sarannya gan, maksudnya itu upgrade

itu update setau saya mas setelah baca artikel disini..

Gini mas, kalau contoh tersebut jelas Upgrade. Kalau update contohnya patch Jelly Bean


EmoticonEmoticon