Site and learn your application

Selasa, 22 Juli 2014

Pengembangan Software Assessment Pengendalian Diri Dalam Pergaulan Sebaya

Indo Amaterasu
Hidayati, Dwi Silvia. 2011. Pengembangan Software Assessment Pengendalian Diri Dalam Pergaulan Sebaya. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Triyono, M.Pd, (II) Dr. Andi Mappiare-AT., M.Pd.

Kata Kunci: software, pengendalian diri, pergaulan sebaya

Pengendalian diri merupakan kemampuan seseorang untuk mengolah dan mengatur sikap, perilaku serta keinginannya, atau dengan kata lain serangkaian proses yang membentuk dirinya sendiri. Pengendalian diri diperlukan bagi tiap individu dalam bergaul dengan teman sebayanya. Oleh karena itu, individu perlu untuk mengetahui tingkat pengendalian dirinya. Berkaitan dengan perlunya individu untuk mengetahui tingkat pengendalian diri maka diperlukan media inventori mengenai pengukuran pengendalian diri.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan software assessment pengendalian diri dalam pergaulan sebaya yang memenuhi syarat akseptabilitas dari segi kelayakan, isi, bentuk, kemampuan dan keterampilan bagi konselor dan siswa di SMK Negeri 5 Malang.

Software assessment pengendalian diri dalam pergaulan sebaya dikembangkan dengan menggunakan rancangan penelitian pengembangan Borg dan Gall yang telah disederhanakan menjadi empat tahap yang disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kebutuhan penelitian. Tahapan penelitian dimulai dari tahap pra pengembangan, tahap pengembangan, tahap uji coba produk kemudian tahap revisi produk. Software assessment pengendalian diri dalam pergaulan sebaya diuji validitas oleh ahli materi, ahli media dan kelompok kecil.

Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah software assessment pengendalian diri dalam pergaulan sebaya. Hasil akhir menunjukkan bahwa software yang dihasilkan telah memenuhi syarat ketepatan dan kelayakan baik dari segi isi, bentuk, kemampuan dan keterampilan konselor maupun siswa.

Saran pengembangan software assessment pengendalian diri dalam pergaulan sebaya adalah untuk dijadikan alat pengumpulan data tingkat pengendalian diri dalam pergaulan sebaya pada siswa SMK Negeri 5 Malang dan sebagai alat evaluasi pengendalian diri dalam pergaulan sebaya. Saran diseminasi adalah produk bisa bisa dimanfaatkan lebih luas sebagai alat untuk mengevaluasi pengendalian diri siswa dalam pergaulan sebayanya. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut adalah untuk mengembangkan software yang didalamnya terdapat menu tentang upaya tindak lanjut setelah mengetahui tingkat pengendalian diri siswa dalam pergaulan sebaya dan sisi kemenarikan tampilan software  lebih dikembangkan lagi.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish