Site and learn your application

Minggu, 20 Juli 2014

Tips Belanja Online

Indo Amaterasu
Tips Belanja Online
Tren belanja online diprediksi melonjak menjelang Lebaran. Terlebih jika THR (Tunjangan Hari Raya) sudah cair dan rutinitas kesibukan kian padat, lapak online pun bakal jadi pilihan untuk ngubek-ngubek mencari belanjaan.

Karenanya tak mengherankan jika pada bulan ini dan menjelang Hari Raya nanti, aktivitas memberikan promo dan diskon menarik tidak hanya terjadi di retail dan mal belanja, tapi kemeriahan promo ini juga ditawarkan oleh situs belanja online.

Dengan banyaknya promo dan diskon menjelang Hari Raya nanti, sebagai konsumen, Anda tentunya harus jeli dalam memilah situs belanja yang terpercaya dan memastikan bahwa Anda telah memilih toko online yang tepat untuk berbelanja barang kebutuhan.

Berikut tips berbelanja aman dan nyaman dari Groupon Indonesia :
  1. Jangan mudah percaya dengan promo dan diskon yang dikirim melalui email atau pop up iklan. Banyak penjahat cyber memanfaatkan momen pesta diskon ini dengan mengirimkan laman palsu yang mengiming-imingi Anda dengan hadiah langsung melalui URL palsu yang dikirimkan melalui email. Biasanya mereka hanya ingin mengumpulkan data pribadi Anda saja, sedangkan promo diskon itu sebenarnya tidak ada. 
  2. Cek dan teliti situs belanja yang akan Anda gunakan. Hanya situs belanja online yang terpercaya yang memberikan penawaran meyakinkan dan tidak menjebak pelanggannya. Selain harga yang ditawarkan sesuai dengan keaslian produknya, situs belanja besar tidak pernah memanfaatkan data pribadi pelanggan untuk disebar ke pihak lainnya.
  3. Pilih sistem pembayaran. Anda bisa memilih metode pembayaran yang ditawarkan oleh situs belanja. Rata-rata situs belanja lokal sudah bisa memberikan pembayaran melalui kartu kredit dan telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang terpercaya. Tapi jika tidak, biasanya mereka juga menawarkan pembayaran melalui menu transfer via ATM.
  4. Cek total harga belanja dan kondisi barang. Cek kembali total harga yang diberikan setelah diskon, biasanya akan ada tambahan biaya untuk ongkos kirim atau beban biaya lainnya. Selain itu perhatikan juga adanya informasi, misalnya barang akan dikembalikan jika tidak sesuai dengan yang dipesan atau ditukar jika terjadi kerusakan saat pengiriman. 
  5. Simpan bukti transaksi belanja. Karena Anda berbelanja secara online, maka menyimpan bukti transaksi pembelian sangat penting.


0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish