Site and learn your application

Selasa, 15 Juli 2014

Tips dan Trik Menghemat Baterai Kamera Saat Hunting

Indo Amaterasu
Tips dan Trik Menghemat Baterai Kamera Saat Hunting 1
Saat hunting foto seharian dari sunrise sampai sunset, biasanya jika menggunakan kamera DSLR menengah dan canggih yang baterainya besar, cukup satu baterai saja. Tapi kalau kita mengunakan compact, mirrorless dan ponsel, baterainya yang kecil pasti akan jauh lebih cepat habis.

Dalam pemakaian normal, baterai kamera DSLR bisa tahan sekitar 350-500 foto (tergantung jenisnya) sedangkan yang compact dan mirrorless paling 200 foto saja. Jika cuma bawa satu atau dua baterai, maka sebaiknya kita berhemat.

Seperti ponsel, layar menghabiskan banyak daya, jika kita sering melihat-lihat gambar di dalam kamera, baterai akan cepat habis. Setiap kali mengambil gambar, biasanya LCD akan otomatis memunculkan gambar yang baru diambil. Hal ini akan mengurangi baterai.

Jika ingin mematikan fitur ini, cari di menu 'image review' dimatikan saja. Jika hari masih panjang, saya usulkan untuk tidak sering melihat-lihat gambar.
Tips dan Trik Menghemat Baterai Kamera Saat Hunting 2
Tingkat kecerahan layar LCD juga akan sangat mempengaruhi merosotnya baterai. Menurunkan tingkat kecerahan ke-1 atau 2 akan menghemat baterai, tapi hati-hati karena gambar akan terlihat sedikit gelap. Saat kecerahan LCD diturunkan, periksa terang gelap lebih akurat dengan membaca histogram.
Tips dan Trik Menghemat Baterai Kamera Saat Hunting 3
Jika mengunakan kamera DSLR, gunakan jendela bidik optik untuk membidik dan mengkomposisi foto, jangan mengunakan layar LCD, karena menguras jauh lebih banyak baterai untuk menampilkan gambar dari sensor gambar secara live, dan juga tenaga untuk autofokus contrast detect.

Berlawanan dengan saat mengunakan DSLR, saat mengunakan kamera mirrorless atau compact yang ada jendela bidiknya elektroniknya, sebaiknya gunakan layar LCD, karena jendela bidik elektroniknya biasanya beresolusi lebih tinggi sehingga menguras lebih banyak baterai.

Juga jangan sering menghidupkan dan mematikan kamera, karena saat menghidupkan kamera, daya baterai lebih tersedot. Lebih baik di-standby.

Saat dihidupkan, beberapa kamera otomatis menjalankan sensor cleaning. Hal tersebut tidak perlu dilakukan setiap buka tutup, oleh sebab itu saya usulkan dimatikan di dalam menu. Selain untuk menghemat baterai dan juga kita bisa lebih cepat bisa memotret sesaat setelah kamera dihidupkan.

Jika baterai memang sudah benar-benar sedikit, gunakan manual fokus dan matikan image stabilization (IS, VR, dll).

Tips terakhir adalah jangan mengunakan kamera untuk memproses foto seperti memberikan efek khusus seperti filter, memproses gambar RAW, dan lain-lain karena proses tersebut memakan tenaga prosesor dan baterai.

Demikian tips dan trik saya, yang paling aman saat bepergian jauh adalah punya lebih dari satu baterai. Untuk kamera DSLR amannya punya dua baterai, kalau untuk mirrorless atau compact, sekitar 2-3 baterai cadangan, disesuaikan juga dengan keseriusan dan panjangnya waktu hunting foto.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish