Site and learn your application

Sabtu, 16 Agustus 2014

7 Kota di Indonesia Yang Nyaman Dijadikan Tempat Tinggal

Indo Amaterasu
Malioboro Yogyakarta
Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) telah meliris daftar kota di Indonesia yang dianggap nyaman untuk ditinggali atau Indonesian Most Livable City Index 2014 oleh masyarakat. Dari survey yang dilakukan IAP tersebut, ada tujuh kota yang memiliki nilai diatas rata-rata dan dianggap nyaman ditinggali. "Kota Balikpapan secara signifikan berada diatas rata-rata nasional untuk aspek tata kota dan pengelolaan lingkungan dibandingkan dengan kota lain," ujar Ketua Umum Ikatan Ahli Perncanaan Indonesia, Bernardus Djonoputro di Jakarta, Senin (11/8/2014).

Bernard menjelaskan, bahwa survei ini murni adalah persepsi masyarakat. Menurut dia, penentuan kota nyaman ini berdasarkan 27 indikator yang ditentukan sebelumnya. Sementara itu, jumlah responden yang berpartisisapi dalam survey ini berjumlah 1.000 orang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Survey ini memiliki margin error sebesar 2 persen dan dilaksanakan pada tahun 2014 ini. Keberadaan index tersebut tidak dimaksudkan untuk melakukan pemeringkatan kota yang lebih baik, namun index ini dimaksudkan mengukur kualitas kehidupan warga kota dan dimaksudkan untuk melakukan identifikasi awal faktor-faktor kritis pembangunan pada masing-masing kota berdasarkan persepsi warga.

Berikut ini adalah 7 kota di Indonesia yang paling nyaman sebagai tempat tinggal :

1. Balikpapan
Kota Balikpapan
Balikpapan menjadi kota yang mendapatkan skor tertinggi dari hasil survei yang ada. Balikpapan mempunyai berbagai fasilitas pendukung yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang mana fasilitas tersebut bisa disetarakan dengan fasilitas-fasilitas yang ada di kota Jakarta, mulai tempat makan, spot hangout, fasilitas olahraga hingga bandara Sepinggan yang berbenah dan modern. Sebanyak 71.12% penduduk Balikpapan menyatakan bahwa merasa nyaman tinggal di kota ini.

2. Solo
Kota Solo
Hampir dua periode dibawah pimpinan Bapak Joko Widodo sebagai walikota, Solo banyak sekali berbenah secara signifikan. Dari penataan lingkungan hingga penataan PKL semua diatur dengan maksimal. Regulasi tentang tata kota juga jelas. Transportasi massa terus dibenahi dan ditingkatkan segi pelayanannya. Seiring dengan berbenahnya kota Solo dari berbagai aspek yang ada, pendapatan kota juga melesat tajam. Sehingga tidak heran jika masyarakat Solo dan sekitarnya merasa nyaman.

3. Malang
Kota Malang
Di kawasan Jawa bagian timur, Malang memang menjadi salah satu kota paling favorit untuk dijadikan tempat bermukim. Kota yang memiliki udara yang relatif sejuk, tata kota yang baik, fasilitas kota yang tak kalah dengan kota-kota besar lainnya, biaya hidup yang murah, tempat wisata dan liburan yang variatif dan berbagai daya tariknya menjadikan Malang selalu berkesan untuk ditinggali.

4. Yogyakarta
Kota Yogyakarta
Pada survey sejenis yang dilakukan oleh IAP pada tahun 2009 dan juga tahun 2011, kota Yogyakarta mendapatkan predikat kota ternyaman di Indonesia. Namun pada tahun 2014 ini kota Yogyakarta turun ke peringkat 4, hal ini dikarenakan kota-kota yang lain tidak kalah dalam terus berbenah.

5. Makassar
Indonesia bagian timur diwakili kota Makasar, kota ini merupakan jantung keramaian Indonesia timur. Kota Makasar terkenal dengan pantai Losari, dan terdapat juga Trans Studio Makasar. Meskipun kota ini mulai terasa panas namum tetap mendapatkan survey tinggi sebagai kota yang layak huni.

6. Palembang
Kota Palembang
Di Indonesia bagian barat tepatnya pulau Sumatera diwakili oleh Palembang, kota yang terkenal dengan makanan khasnya Pempek Palembang ternyata mendapatkan hasil survey urutan ke-6 sebagai wilayah yang nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.

7. Bandung
Kota Bandung
Dalam survei yang ada, nilai tambah kota Bandung meningkat secara signifikan sejak Bapak Ridwal Kamil terpilih menjadi walikota Bandung pada tahun 2013. Banyak perbaikan estetika dan tata ruang kota yang dilakukan oleh beliau yang notabene mempunyai latar belakang arsitek kelas dunia. Dalam waktu singkat Bandung banyak berbenah dan menjadi jauh lebih menarik.