Site and learn your application

Minggu, 31 Agustus 2014

Abimanyu Pahlawan Yang Dikenang Karena Keberaniannya

Indo Amaterasu
Abimanyu adalah putra Arjuna dengan Dewi Subadra yang tidak lain adik dari Basudewa Krishna dan Balarama. Ambimanyu selama dalam kandungan ibunya mampu mendengarkan dan berlatih dari apa yang dikatakan ayahnya dan ibunya. Dicertikan pula saat Arjuna dan istrinya membahas cara menerobos formasi Chakrawyuha, Abimanyu mendengar dan mempelajarinya namun saat Arjuna membahas cara keluar dari formasi Chakrawyuha, Subadra malah ketiduran. Formasi Chakrawyuha berkaitan dengan kematian Abimanyu dalam perang Kurukshetra.

Arjuna meninggalkan Abimbanyu saat masih dalam kandungan, karena menjalani masa pengasingan selama 13 tahun di tengah hutan. Arjuna menitipkan Abimanyu kepada Basudewa Krishna untuk menjaga dan melatihnya. Sebelum Arjuna mengasingkan diri bersama keempat saudaranya, Krishna berjanji akan mendidik Ambimanyu menjadi pahlawan yang akan dikenang karena keberaniannya.
Formasi Chakrawyuha
Formasi Chakrawyuha

Pada saat pertempuran Abimayu dan ayahnya berada ditempat yang berbeda, karena Arjuna memburu Adipati Karna. Ambimanyu mencoba membantu Bima, Yudhistira, Nakula, dan Sadewa menerobos formasi Chakrawyuha, Abimanyu berhasil masuk namun keempat saudaranya dihadang oleh Jayadrata. Kembali pada cerita awal tadi saat mempelajari formasi Chakrawyuha, Subadra tertidur ketika Arjuna menjelaskan cara keluar dari formasi tersebut, ternyata Abimanyu juga tidak tahu cara keluar formasi Chakrawyuha sehingga dikeroyok para Kurawa.

Abimanyu diserang oleh Sangkuni, Guru Drona, Aswatama, Dursasana, namun Abimanyu berhasil mengalahkannya satu persatu, karena pertempuran yang tidak seimbang akhirnya Sangkuni berhasil menghunuskan pedangnya ke perut Abimanyu. Keempat Pandawa menangis melihat Ambimanyu dibuat bulan-bulanan oleh Kurawa, Abimanyu berdiri lagi dan Adipati Karna tiba-tiba turun dari keretanya lalu berpura-pura menolongnya, namun saat Karna memeluk Ambimanyu, Karna menusuk perut Abimanyu sampai tewas.

Dalam perang Kurukshetra Abmimanyu masih berumur 13 tahun, namun keberaniannya sudah seperti ayahnya sendiri Arjuna, maka dari itu Abimanyu dikenal sebagai pahlawan yang dikenang karena keberaniannya. Setelah kematian Abimanyu, Pandawa merasa sangat kehilangan dan Arjuna mengamuk ingin membunuh Jayadrata karena telah menghalangi keempat Pandawa untuk membantu Abimanyu. Arjuna bersumpah sebelum matahari terbenam akan membunuh Jayadrata, dengan bantuan Krishna akhirnya Jayadrata berasil dibunuh Arjuna.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish