Site and learn your application

Sabtu, 30 Agustus 2014

Arjuna Mendapatkan Pasupasastra Dari Dewa Siswa

Indo Amaterasu
Arjuna
Selama pengasingan 13 tahun Arjuna mendapatkan wejangan dari Basudewa Krishna untuk belajar senjata pada Dewa Siswa agar mendapatkan Pasupastra. BIMA terlebih dulu berhasil berlatih bersama Hanuman untuk meingkatkan kekuatan fisiknya, sekarang tinggallah Arjuna.

Arjuna melakukan semedi bertahun-tahun di dalam hutan, dan pada suatu hari datanglah ujian dari Dewa Siwa. Disaat bertapa Arjuna diganggu dengan hadirnya Badak yang berlari kearahnya, Arjuna melepaskan panahnya dan mengenainya, disaat yang bersamaan datanglah para Pemburu binatang yang juga mengaku telah memanah badak tersebut.

Terjadi saling mengklain siapa yang memanah duluan mengenai Badak tersebut, Arjuna mencabut anak panahnya dan memberikan Badak kepada para Pemburu. Salah satu anak buah dari Pemburu mengatakan kepada ketuanya bahwa Arjuna telah melakukan penghinaan dengan memberinya Badak yang diakui berhasil membunuhnya.

Ketua Pemburu berkata "Kau sombong sekali Arjuna", lalu Arjuna menjawabnya "Aku adalah putra Pandu Arjuna tidak ada yang mengalahkan aku dalam bermain panah tuan". Dewa Siswa yang menyamar sebagai Pemburu mengujinya dengan menantang Arjuna untuk memanah pohon yang ada warna hitamnya, Arjuna berhasil memanah tepat mengenai sasaran, lalu si Pemburu menarik busurnya tanpa melihat obyek yang dipanah, dan berhasil mengenai anak panah Arjuna sehingga hancur lalu menancap pada sasaran.
Dewa Siwa
Dewa Siwa

Si Pemburu berkata, seorang kesatria yang ahli dalam permainan senjata bukan hanya ahli dalam panah saja, maka dari itu diperlukan fokus dalam berlatih. Tiba-tiba ada lemparan pedang yang mengarah ke Arjuna, namun Arjuna berhasil menghindarinya. Si Pemburu menyuruh Arjuna mengambil pedang tersebut dan bertarung melawannya, adu ketrampilan antara dua kesatria tak trehindarkan sampai Arjuna kalah dan akhirnya mau mengakui kehebatannya.

Si Pemburu merasa senang atas keberanian Arjuna dan usaha kerasnya, lalu berubah kewujud aslinya Dewa Siswa. Arjuna meminta maaf karena telah mengklaim panahnya yang mengenai Badak, namun Dewa Siswa tidak mempermasalahkan hal itu, dan memberikan Pasupasastra. Menurut cerita wayang Mahabarata asli India, Pasupasastra sebenarnya bukan senjata Pasopati (menurut cerita wajang Jawa) namun sebuah perlindungan dari Dewa Siwa agar dalam suatu peperangan tetap terlindung dari serangan musuh.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish