Site and learn your application

Senin, 04 Agustus 2014

Fitur Rahasia Google Chrome

Fitur Rahasia Google Chrome

Google Chrome merupakan browser paling cepat yang ada dimuka bumin ini, bahkan diklain mengalahkan browser Mozzila Firefox dan Internet Explorer. Dukungan plugin juga banyak disediakan oleh pihak ketiga, sehingga Google Chrome banyak digandrungi para peselancar dunia maya.

Ternyata Google Chrome mempunyai beberapa fitur tersembunyi yang jarang diketahi, fitur tersebut diantaranya :
  • Pin Tab
Fitur ini berfungsi untuk ‘menjaga’ tab yang Anda, agar tidak tertutup jika tidak sengaja meng-klik close menu. Dengan begitu pekerjaan yang sedang dikerjakan pun aman dan terselamatkan. Untuk menggunakan fitur ini, cukup klik kanan pada tab dan tab conversation akan terbuka. Pilih Pin Tab.
Pin Tab
  • Paste and Go atau Paste and Search
Jika Anda copy sebuah URL pada browser lain dan ingin menggunakan Chrome untuk membuka URL tersebut, bisa menggunakan fitur ini. Anda tidak perlu melakukan paste (CTRL + V) lalu enter untuk menjalankan URL. Anda cukup klik kanan dan pilih Paste and Go mala selain paste URL, Chrome juga langsung membawa ke URL tersebut. Mudah kan?

  • Drag and Drop Downloads
Tahukah Anda fungsi dari fitur ini? Fitur ini memungkinkan untuk drag files yang telah didownload menggunakan Chrome ke desktop komputermu. Tidak hanya file yang telah terdownload, namun file apapun di komputer. Jadi tidak perlu membuka “download location” atau merubah lokasi download itu tiap kali ingin file terdownload di folder atau drive yang berbeda.
Drag and Drop Downloads
  • Resources Page
Silakan coba tekan CTRL + Shift + I di Chrome Anda. Itulah cara untuk memunculkan Resources. Fitur ini sangat berguna bagi Anda, khususnya webmaster. Dengan fitur ini dapat mengetahui severapa cepat situs milikmu load di browser. Seperti contoh pada gambar berikut ini, ada sejumlah opsi yang bisa di explore.
Resources Page
  • Task Manager
Salah satu keuntungan menggunakan Chrome adalah, tab yang diperlakukan secara terpisah. Jika pada suatu waktu salah satu tab mengalami masalah maka tab tersebut dapat ditutup dan tab lainnya tetap aman. Jadi dengan kata lain browser crash dapat terhindarkan. Pada tiap tab juga dilengkapi dengan built-in tas manager untuk mengetahui berapa besar penggunaan memori dan CPU untuk membuka tiap tab. Untuk mengaksesnya dapat melalui Tools Task Manager atau dengan menekan Shift + ESC.
Task Manager
  • Address Bar untuk menghitung cepat
Tahukah bahwa address bar dapat berubah fungsi menjadi sebuah kalkulator? Memang tidak semua hitungan matematika dapat dihitung dengan address bar ini. Namun untuk hitungan sederhana, Anda bisa memanfaatkan address bar Chrome agar lebih cepat.
Address Bar untuk menghitung cepat
  • Pencarian Situs melalui Address Bar
Jika ingin mencari konten mengenai sesuatu di Chrome, tidak perlu mengetikan nama situs secara lengkap, hanya perlu mengetikan beberapa huruf saja, lalu tekan Tab pada keyboard Anda. Secara otomatis, dalam address bar terdapat [search (nama situs):]. Setelah titik dua tersebut bisa memasukan konten apa yang dicari. Misalnya android, maka ketik android setelah titik dua tersebut.
Pencarian Situs melalui Address Bar
  • About:memory
Jika mengetik ‘about:memory’ pada address bar Chrome, maka browser akan menampilkan detail pemakaian memori dari situs-situs yang sedang dibuka.
Pencarian Situs melalui Address Bar
  • Bookmarks
Anda bisa menambahkan halaman situs yang sering dikunjungi dengan menambahkan ke Bookmarks Google Chrome, caranya dengan menekan Ctrl + D.
Pencarian Situs melalui Address Bar

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish