Site and learn your application

Kamis, 28 Agustus 2014

Industri Genteng Gandusari, Trenggalek

Indo Amaterasu
Industri Genteng Gandusari, Trenggalek
Gandusari adalah salah satu kecamatan yang ad dikabupaten Trenggalek, Gandusari terkenal dengan industri rumah tangga sebagai penghasil genteng. Genteng yang terkenal dan telah mendunia adalag genteng glayur. Bukan berarti genteng lainnya mempunyai kulaitas buruk, namun sejarahnya yang pertama kali mendirikan pabrik genteng adalah bapak Uye dari Nglayur.

Genteng buatan Gandusari mampu menyuplai kebutuhan bangunan daerah Trenggaleh, bahkan pemasarannya sampai Bali dan Kalimantan. Bentuk genteng juga mengalamai revolusi yang signifikan, tidak hanya kotak tetapi menyesuaikan dengan nilai keindahan dan kekuatan genteng tersebut. Bentuk-bentuk genteng yang ada di Gandusari adalah sebagai berikut.

Adapun Tipe dan Model antaralain :
  1. Genteng PRESS
  2. Genteng Prentul
  3. Genteng Mantili
  4. Genteng Garuda
  5. Genteng Gelombang
  6. Genteng Bazzeke
  7. Genteng Morado
  8. Genteng Wuwung.
Industri genteng Gandusari juga menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar, tidak jarang kebanyakan pegawai buruhnya juga berasal dari desa tersebut. Proses pembuatan genteng memerlukan waktu yang cukup lama mulai dari mencari tanah liat, mengolah tanah liat, dan sehingga mencetakknya. Genteng yang baru dicetak harus dikeringkan dulu, bila sudah kering barulah dibakar di tunggku pembakaran genteng.

Genteng yang baru dicetak dan belum dibakar
Genteng yang baru dicetak dan belum dibakar

Bagi Anda yang ada diluar Trenggalek, bila ingin membeli genteng bisa datang langsung ke desa Wonorejo, dusun Nglayur, kecamatan Gandusari karena disitu pusatnya industri genteng. Saran buat pembeli untuk memperoleh genteng yang berkualitas yaitu mintalah garansi selama 2 musi, ukurannya bila genteng telah 2 kali terkena musim hujan tidak bocor maka genteng tersebut awet selama berpuluh-puluh tahun, namun bila dalam 2 musin genteng bocor mintalah dengan genteng yang baru. Para penjual genteng sudah tau tentang hal itu, dan tidak mungkin marah bila Anda minta garansi selama 2 musim.


0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish