Site and learn your application

Kamis, 28 Agustus 2014

Malamang Makanan Khas Sumatera Barat

Indo Amaterasu
Malamang Makanan Khas Sumatera Barat
Malamang maksudnya adalah membuat lemang atau memasak lemang. Lemang adalah makanan khas minang, yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan cara dimasukkan kedalam bambu yang dilapisi dengan daun pisang muda. Lemang juga banyak jenisnya. Ada lemang ketan biasa, lemang pisang, ketan dicampur dengan pisang, lemang sagu, lemang labu, dan lainnya.

Tradisi malamang ini dilaksanakan biasanya pada waktu-waktu tertentu untuk kepentingan tertentu. Seperti ketika acara peringatan maulid nabi, untuk acara perhelatan dan juga ketika menyambut bulan ramadhan.

Cara pembuatan lemang ketan biasa, beras Ketan yang sudah direndam dengan santan, dimasukkan kedalam bambu yang tahan pembakaran api. Bersihkan daun pisang yang sudah dilayukan. Fungsi daun pisang sebagai lapisan dalam bambu seruas yang telah dipersiapkan, selanjutnya dimasukan beras ketan yang sudah diaduk dengan santan kental serta garam.

Bambu dibakar sampai waktu tertentu, hingga beras ketan yang ada didalam bambu itu akan masak itu. Bagian yang sulit yaitu mematok takaran santan dengan garam serta beras ketan pada satu ruas bambu itu. Begitu pula dengan pengapiannya. Takaran ketan yang dimasukkan kedalam bambu memerlukan keahlian, agar ketan itu tidak menjadi terlalu lembek atau malahan kekurangan santan. Oleh karena itu malamang ini biasanya dilakukan oleh orang yang sudah ahli membuatnya. Tidak banyak orang yang bisa membuat lemang yang pas dan mantap. malamang dipercayakan kepada yang sudah berpengalaman, biasanya yang tertua dikeluarga.

Lemang dihidangkan kepada tamu yang berkunjung dan bersilaturrahmi kerumah. Penghidangan lemang dianggap sebagai penghormatan terhadap tamu, lemang mempunyai kelas prestise yang lebih tinggi sebagai hidangan kudapan. dan memakan lemang akan lebih nikmat lagi jika dimakan ditemani tapai ketan itam.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish