Site and learn your application

Rabu, 27 Agustus 2014

Memahami APP Permission Android

Indo Amaterasu
Memahami APP Permission Android
Beredarnya aplikasi yang sudah disusupi malware di Play Store kerap membuat pengguna perangkat Android was-was ketika akan menginstal aplikasi baru. Beragam cara dilakukan untuk mencegah masuknya malware berbahaya tersebut ke ponsel. Memasang antivirus tidaklah menjamin perangkat Anda terbebas dari ancaman tersebut.

Untuk itu Anda harus mewaspadai app permission apa saja yang dipersyaratkan oleh sebuah aplikasi sebelum menginstalnya. Simak penjelasan lengkap soal App Permission dalam tulisan singkat berikut :

Apa itu App Permission ?

1. Setiap aplikasi Android mengharuskan adanya otorisasi dari pengguna sebelum melakukan serangkaian tindakan seperti mengakses konten SD card atau daftar kontak.

2. Dengan adanya kewajiban otorisasi tersebut, maka sebelum menginstal aplikasi pengguna akan diberitahukan mengenai aktivitas apa saja yang akan diambil oleh aplikasi bersangkutan.

3. Daftar aktivitas apa saja yang akan dilakukan oleh aplikasi inilah yang disebut sebagai app permission.

4. Dengan mengenali app permission sebelum menginstal sebuah aplikasi, pengguna dapat terhindar dari menginstal sebuah aplikasi yang dapat menguras pulsa atau bahkan membocorkan data pribadi Anda.

5. Ketika Anda akan menginstal aplikasi dari Play Store, Anda dapat melihat app permission seperti gambar berikut :

Contoh dan Fungsi App Permission
Hampir semua pengguna umumnya tidak memperhatikan app permission saat akan menginstal sebuah aplikasi atau game. Nah untuk melihat app permission apa saja yang ada pada aplikasi yang sudah terlanjur Anda instal,  pengguna dapat masuk ke settings->apps dan memilih satu persatu aplikasi terkait. Berikut adalah contoh app permission yang perlu Anda waspadai:

6. Full network access. Dengan memberikan izin aplikasi untuk mengakses jaringan internet, maka Anda memberikan kepercayaan pada aplikasi tersebut untuk menggunakan jalur internet Anda. Pada situasi normal, aplikasi tersebut akan menggunakannya untuk menayangkan iklan atau memperoleh informasi yang dibutuhkan dari internet. Namun demikian izin tersebut dapat dieksploitasi oleh malware untuk membocorkan data pribadi Anda bila dikombinasikan dengan izin untuk mengubah atau menghapus konten pada USB storage.

7. Modify or delete the contents of your USB storage. Dengan adanya keleluasaan untuk mengubah atau menghapus konten, aplikasi dan game yang Anda instal dapat secara bebas mengakses USB storage untuk melakukan perubahan yang mencakup penyimpanan atau penghapusan data. Ketika Anda selesai bermain game, seluruh data yang menyangkut aktivitas bermain Anda akan secara otomatis tersimpan supaya dapat dipakai lagi nanti ketika Anda melanjutkan bermain game. Akan tetapi pada sebuah aplikasi yang telah disusupi malware, otorisasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengupload konten dalam USB storage tersebut ke internet.

8. Directly call phone numbers. Jika Anda menginstal sebuah aplikasi dialer alternatif, maka aplikasi tersebut secara otomatis akan memiliki kemampuan yang sama untuk melakukan panggilan. Aplikasi sms pihak ketiga juga umumnya sudah dibekali dengan kemampuan yang sama untuk secara langsung menghubungi nomor kontak yang berasal dari seluruh pesan sms yang masuk. Izin yang diberikan tersebut pada saat yang sama juga dapat dieksploitasi oleh malware untuk memata-matai pembicaraan Anda dengan melakukan panggilan secara diam-diam ke nomor tertentu dan secara ilegal merekam pembicaraan tersebut.

9. Send SMS or MMS messages. Ketika Anda menginstal aplikasi sms pihak ketiga, tentu saja aplikasi tersebut akan meminta izin agar dapat mengirim pesan atas nama Anda. Demikian pula bila Anda menginstal sebuah aplikasi sosial media yang memerlukan login atau verifikasi melalui sms. Akan tetapi bila Anda menemui sebuah aplikasi yang meminta izin untuk mengirim pesan meski pada dasarnya aplikasi tersebut tidak membutuhkannya, maka menghindari untuk menginstal aplikasi tersebut tentu merupakan langkah pencegahan yang perlu Anda tempuh.

10. Modify your contact, read your contacts. Jika Anda menginstal Facebook, Anda tentu akan diminta untuk menyetujui app permission ini agar dapat melakukan sinkronisasi kontak ponsel dengan kontak teman Facebook Anda. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi sosial media lain dengan tujuan agar Anda dapat dengan mudah menemukan teman berdasarkan kontak telepon atau email yang Anda miliki. Demikian pula pada aplikasi chatting yang menambahkan teman berdasarkan nomor ponsel yang tersimpan dalam kontak. Tentu saja izin seperti ini juga dapat disalahgunakan untuk membocorkan informasi pribadi atau lebih buruk lagi untuk menularkan virus atau malware berbahaya kepada seluruh teman kontak Anda.

11. Approximate and Precise location. Bila Anda menyetujui sebuah aplikasi untuk mengetahui lokasi Anda, maka aplikasi tersebut dapat memanfaatkannya untuk memandu Anda dalam bernavigasi. Dengan melacak lokasi Anda, aplikasi bersangkutan juga dapat membantu Anda check-in ke lokasi yang sedang Anda kunjungi. Namun begitu, kemampuan untuk melacak lokasi ini kerap dimanfaatkan untuk membanjiri ponsel Anda dengan pesan sms tawaran diskon atau iklan ajakan untuk berkunjung ke tempat tertentu yang lokasinya ada di sekitar Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish