Site and learn your application

Minggu, 17 Agustus 2014

Memahami Format Video DVDRip, DVDSCR, HDTV-Rip, CAM, TS, TC, dan R5

Indo Amaterasu
Memahami Format Video DVDRip, DVDSCR, HDTV-Rip, CAM, TS, TC, dan R5
Mungkin Anda pernah menjumpai formar video DVDRip, DVDSCR, CAM, TS, TC, dan R5 ketika Anda akan mendownload Film bajakan dari internet. Lalu sebenarnya apakah arti semua Itu? Jawabannya, itu adalah nama kualitas Video. Agar Anda mendapatkan kualitas video yang baik maka berikut ini akan saya jelaskan lebih detail tentang arti dari DVDRip, DVDSCR, HDTV-Rip, CAM, TS, TC, dan R5 tersebut.

DVDRip
Adalah Film hasil copy dari DVD asli. Kualitas gambar dan suaranya sangat baik (DVD Quality), mendownload film jenis DVDRip sama saja dengan Anda membeli DVD asli.

DVDScr atau DVD Screener
Adalah film hasil salinan dari sebuah PROMO DVD yang keluar sebelum DVD asli dipasarkan. Video jenis ini biasanya akan terdapat berbagai kelemahan dalam video nya seperti tanda air/watermark dalam video (hanya sebagian layar), tulisan/teks berjalan tanda preview atau di beberapa bagian dari video tersebut berubah-rubah warna yang asalnya full color menjadi hitam putih. Untuk kualitas suara biasanya lumayan baik.

HDTV-Rip
Adalah video hasil salinan/copy dari sebuah channel HDTV (High Definition Television). Untuk kualitas gambar dan suaranya sangat baik namun biasanya pada bagian atas atau bawah layar dipotong untuk menutupi sumber channel yang direkam.

CAM Atau CAMRip
Adalah kualitas video yang bersumber dari video/film yang diputar dibioskop, untuk kualitas gambarnya kebanyakan sangat jelek dibandingkan dengan DVDRip, DVDScr dan R5 tapi bisa saja berkualitas baik jika si perekam ketika di bioskop meletakkan kamera beserta tripod nya di tempat yang benar dan tidak terganggu dengan hal lain seperti lalu-lalang orang-orang dibioskop dan lain-lain. Untuk kualitas suara nya tergantung pada jarak si perekam apakah dekat dengan sumber suara atau jauh dari sumber suara, efeknya adalah ketika si perekam dekat dengan sumber suara maka kejernihan suara akan baik dan ketika si perekam jauh dari sumber suara hasilnya sebaliknya. Bukan hanya itu kualitas kamera saat mengambil gambar sangat berpengaruh pada hasil.

TS Atau Telesync
Sama seperti kualitas CAM berasal dari rekaman bioskop hanya saja pada saat perekaman si perekam meletakkan alat audio recording dekat dengan sumber suara yang kemudian suara tersebut disatukan dengan hasil rekaman videonya menggunakan software video editor sehingga kualitas suara yang dihasilkan dari jenis video ini bisa dikatakan lumayan baik daripada kualitas CAM diatas, dan untuk kualitas gambar sama saja dengan kualitas CAM tergantung dari peletakan kamera pada saat merekam.


TC
Adalah proses perekaman video menggunakan alat untuk menyalin film dari projector ke format digital atau biasa disebut alat Telecine. Untuk kualitas audio dan videonya lumayan sangat baik.

R5
Adalah video yang dirilis di beberapa negara/daerah tertentu atau biasanya hasil selundupan. Kualitasnya baik karena mengkopi langsung dari DVD asli.

Nah setelah Anda tau arti dari semua jenis format video bajakan sekarang Anda yang tentukan sendiri mana yang lebih baik untuk Anda download. Mungkin artikel diatas banyak kekurangannya, bagi yang mau menambahkan silakan berkomentar saja nanti akan Saya tambahkan ke postingan.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish