Site and learn your application

Rabu, 06 Agustus 2014

Pemindai Sidik Jari Ternyata Masih Belum Aman

Indo Amaterasu
Aplikasi pemindai sidik jari
Banyak pihak setuju jika sidik jari manusia tidak ada yang sama. Namun apakah ini juga berarti pemindai sidik jari tidak bisa diakali? Nah, aplikasi ini coba mementahkannya.

Seperti kita tahu, banyak perusahaan yang kini menerapkan metode absensi menggunakan sidik jari bagi karyawan. Alasannya adalah untuk menghindari praktik curang karyawan yang suka menitip absen.

Kondisi inilah yang coba dimanfaatkan untuk mengeruk keuntungan oleh aplikasi bernama TwinLetter. Yakni diklaim mampu memalsukan sidik jari manusia untuk kemudian digunakan untuk keperluan yang kurang bertanggung jawab.

Penjaja TwinLetter menyatakan, untuk menggunakan aplikasi ini pengguna awalnya membutuhkan pemindai sidik jari yang dapat dengan mudah dibeli di pasaran.

Setelah aplikasi bernama TwinLetter itu mengenali pemidai sidik jari yang terhubung ke komputer, pengguna tinggal memindai sidik jari yang selanjutnya akan disimpan dalam bentuk gambar oleh TwinLetter.

Setelahnya pengguna hanya tinggal mencetak gambar sidik jari tersebut yang bisa digunakan untuk ‘menipu’ absensi pemidai sidik jari yang ada di kantor.

Terdengar sederhana memang, namun karena langkah-langkah tersebut diperlihatkan dalam sebuah video yang dibuat sepihak oleh si penjual, sepertinya masih dibutuhkan pembuktian lebih lanjut.
Sidik jari palsu twinletter (istimewa/twinletter)
Si penjual mengklaim aplikasi besutannya itu mampu melewati sebagian besar pemindai sidik jari yang dijual di pasaran. Namun ia juga tak memungkiri bila berhadapan dengan pemindai sidik jari kelas atas, sidik jari palsu hasil cetakannya tak akan berhasil.

“Memang ada sejumlah reader high-end yang belum di-support, namun reader high-end ini juga kurang banyak beredar di masyarakat karena harganya yang sangat mahal,” tulisnya dalam website-nya.

Tentunya hal ini harus dicermati oleh perusahaan, karena artinya absensi sidik jari pun bisa jadi tak lagi aman alias punya kemungkinan untuk diakali. Untuk menghindarinya, baiknya gunakan perangkat pemindai sidik jari buatan produsen yang kompeten dan telah dipercaya.

Lantas bagaimana dengan pemindai sidik jari pada iPhone 5S dan Galaxy S5, apakah bisa diakali juga dengan aplikasi ini?