Site and learn your application

Jumat, 01 Agustus 2014

Sejarah Pemberian Nama Kerajaan Indraprasta

Indo Amaterasu
Sejarah Pemberian Nama Kerajaan Indraprasta
Setelah Pandawa berhasil mendapatkan Drupadi dari Panchala, Yudhistira beserta keempat saudaranya kembali ke Hastinapura untuk menjadi Raja. Karena yang berhak menjadi Raja adalah saudara tertua dari Pandawa yaitu Yudhistira. Dengan hasutan Sangkuni dan Duryudana paman Destrarasta tidak mau menobatkan Yudhistira sebagai putra mahkota.

Pandawa tidak terima, dan akhrinya perdana menteri paman Widura mengusulkan supaya Hastinapura dibagi menjadi dua, satu untuk keluarga Duryudana dan yang kedua untuk keluarga Pandawa. Pada awalnya ide pembagian wilayah ini ditentang oleh Bisma. Namun dengan penjelasan dan pencerahan dari Widura akhirnya Bisma menyetujuinya.

Bisma bicara langsung kepada Raja Hastinapura yaitu Destrarasta (yang merupakan adik Raja Pandu ayah dari Pandawa), sekali lagi karena hasutan Sangkuni sang Raja tidak mau membagi kerajaan tetapi dengan pengecualian Bisma harus berada dipihak Kurawa. Akhirnya paman Bisma menyetujuinya meskipun dengan berat hati jauh dari keponakannya.

Pandawa tidak mau diberi wilayah yang sudah maju, kemudian meminta daerah yang bernama Kandawaprasta. Usulan Pandawa tidak direstui paman Bisma karena daerah tersebut dijadikan penghuni si Raja Ular Taksaka, dan tidak ada yang bisa hidup disana. Namun Pandawa meyakinkan paman Bisma dan percaya bahwa bisa membangun  kerajaan di Kandawaprasta.

Raja Destrarasta memberikan hadiah Sapi dan emas beserta sebagian penduduk Hastinapura yang ingin bergabung dengan Pandawa untuk membangun Kandawaprasta diperbolehkan ikut. Sesampainya di Kandawaprasta Raja Ular Taksaka mengamuk sehingga membunuh semua pengikut Pandawa, dan yang berhasil selamat hanya Pandawa dan Drupadi.

Yudhistira yakin bila berhasil mengalahkan Raja Ular Taksaka maka korban yang digigit ular bisa hidup lagi. Akhirnya Arjuna maju menghadapai Raja Ular dan berhasil mengalahkannya, namun Taksaka tidak terima dikalahkan Arjuna kemudian memanggil dewa Indra. Arjuna adalah reingkarnasi dari dewa Indra, pertarungan antara Bapak dan Anak berlangsung sangat menegangkan, akhirnya Basudewa Krisna datang untuk melerai keduanya.

Arjuna tidak mau kalah dan tetap pada pendiriannya, kenapa melawan dewa Indra karena ingin membuktikan bawha keturunan dewa Indra terampil menggunakan senjata. Mendengar kata-kata Arjuna, dewa Indra merasa senang kemudian dibantu membangun kerajaan Kandawaprasta dengan bantuan Wismakarma. Dalam sekejap bangunan kerajaan megah berdiri, mengalahkan Hastinapura, sebagai ucapan terimakasih kepada dewa Indra, Arjuna menamakan kerajaan Indraprasta.



0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish