Site and learn your application

Sabtu, 20 September 2014

Cara Pengaduan NIK Tidak Dapat Digunakan di Panselnas

Indo Amaterasu
Cara Pengaduan NIK Tidak Dapat Digunakan di Panselnas
Gambar di atas adalah screenshot mendafatar CPNS di portal panselnas https://regpanselnas.menpan.go.id/, alih-alih ingin memperebutkan kursi CPNS daftar saja tidak bisa dan ketika memasukkan NIK KTP ada keterangan "Mohon maaf, NIK anda tidak dapat digunakan".

Kronologi kejadiannya, sebelum benar-benar memutuskan daftar Saya mencoba NIK di panselnas dan muncul keterangan "Selamat NIK anda dapat digunakan". Keesokan harinya ketika daftar di instansi daerah dengan memasukkan NIK muncul keterangan "Mohon maaf, NIK anda tidak dapat digunakan".

Ada dua kemungkinan kenapa bisa terjadi seperti itu, yang pertama ada orang yang iseng mencoba daftar menggunakan NIK kita, dan kemungkinan kedua adanya NIK ganda sehingga NIK dipakai orang lain daftar terlebih dulu.

Setelah Saya browsing sana-sini ternyata tidak sendirian mengalami kasus ini, hampir semua pendaftar mengalamai hal yang sama. 

Akhirnya Saya kebingungan dan mencari kontak pengaduan, di situs panselnas.menpan.go.id dijelaskan ada tata cara pengaduan sebagai berikut :

P E R H A T I A N !!

Pindah pilihan instansi dengan dalih dan alasan apapun tidak diperbolehkan.

Apabila ada masalah terkait dengan NIK, dapat mengirimkan email dengan prosedur:
  1. Kirimkan email pengaduan ke panselnas@menpan.go.id
  2. Subject Penulisan Email Pengaduan [Pengaduan Permasalahan NIK].
  3. Email diisi biodata lengkap sesuai KTP.
  4.  Lampirkan bukti KTP atau E-KTP dan ijazah SMA / akta kelahiran didalam email.
  5. Email dengan data tidak lengkap tidak akan diproses.
Catatan : Saya sudah mengirimkan prosedur pengaduan sperti yang dijelaskan tetapi sampai sekarang tidak ada balasan.

Saya tidak menyerah begitu saja, akhirnya menemukan Call Center menpan 021-7398381. Kemudian telpon ternyata yang menjawab mesin otomatis seperti pengaduan operator jaringan, entah itu karena hari Sabtu atau mungkin libur, telpon Call Center tidak ada yang jawab.

Saya kembali mencari solusi lain, akhirnya menemukan twitter @panselnas.
Hati sedikit tenang, admin menyediakan 7 id yahoo messenger sebagai layanan pengaduan. Satu persatu Saya coba chat, dan tidak dijawab.

7 ID Yahoo layanan pengaduan:
  1. Helpdekspanselnas
  2. Helpdekspanselnas2
  3. Helpdekspanselnas3
  4. Helpdekspanselnas sampai dengan 7.
Berdasarkan uraian pengalaman di atas dapat disimpulkan bahwa Kementrian Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi ingin mengadakan revolusi pendaftaran CPNS menggunakan Sigle Entry lewat portal nasional. Kesan yang dipaksakan dan sistem yang dibangun belum siap sudah diluncurkan ke publik tanpa uji coba hasilnya merugikan kepentiangan pendaftar CPNS dan tentunya merepotkan IT Suport menpan.




    0 komentar:

    Poskan Komentar

    = > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
    = > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish