Site and learn your application

Selasa, 10 Maret 2015

Memahami Perbedaan Website dan Blog

Indo Amaterasu
Sekilas bagi Anda yang belum memahami apa yang membedakan antara blog dan website pasti menganggapnya sama. Bila dipahami dari segi tujuan pembuatannya blog lebih ditujukan untuk menulis artikel tanpa batas biasanya untuk menyalurkan hobi menulis, sedangkan website hanya untuk menampilkan artikel yang lebih spessifik seperti situs wisata.

Pengertian
Apa itu Blog ? Menurut Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dikelola oleh pribadi dan dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Perbedaan
Apa Perbedaan Blog Dan Website ? Setiap narasumber memiliki definisi berbeda mengenai blog, dan pada Slide ini saya akan menjelaskan perbedaan Blog menurut saya pribadi berdasarkan pengalaman mengelola blog dan juga pernah mengelola website.

Ciri-Ciri
Ciri-Ciri Blog, konten Blog biasanya diurutkan secara kronologis dengan artikel terbaru berada pada halaman awal/depan. Blog itu seperti sebuah buku harian (diary). Sebelum terkenal seperti sekarang ini, blog merupakan online diary, tempat para penulis dan penerbit memajang aktifitasnya. Dan diary, sudah barang tentu diurutkan berdasarkan urutan waktu.

Ciri-Ciri Blog, menambahkan konten terbaru pada blog sangat mudah jika dibandingkan menambahkan konten baru pada website. Sehingga seorang blogger bisa membuat tulisan baru mereka dengan cepat. Selain itu blog juga biasanya selalu di update dengan konten baru secara berkala.

Ciri-Ciri Blog Pada Blog, biasanya terdapat kolom komentar, sehingga pengunjung blog bisa menuliskan komentar pada blog post yang menurut mereka menarik. Contoh platform populer yaitu Wordpress. blog yang paling Blogger.com dan Ciri-Ciri Websit, Pada website biasanya informasi yang ada didalamnya jarang berubah-ubah dan relatif tetap (website statis). Contoh website misalnya yaitu websitewebsite pemerintahan, website perusahaan, website pendidikan, dan sejenisnya.

Ciri-Ciri Website, namun Ada juga website yang dinamis, yang mana kontennya selalu diubah-ubah sesuai kebutuhan. Misalnya website-website online shop atau website toko online, dan website-website berita.

Kesimpulan
Pada dasarnya blog merupakan bagian dari website dan boleh saja disebut website, akan tetapi sebuah website belum bisa dikatakan sebuah blog juga. Jangan dipusingkan dengan perbedaan antara keduanya, yang paling penting adalah bagaimana Anda berkarya melalui kdua platform tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish