Site and learn your application

Jumat, 12 September 2014

Yamaha R250 ~ Ulasan dan Harga

Indo Amaterasu
Setelah mengenalkan varian terbaru Yamaha R15, kini Yamaha Indonesia juga mengeluarkan kelas premium untuk motor sport yaitu Yamaha 25. Bisa dibilang ini varian kakak dari Yamaha R15 dan Yamaha Vixion. Sepintas bentuk dan bodinya hampir sama, tetapi R25 lebih garang dan perkasa, kapasitas mesin juga lebih tinggi yaitu 250CC.

Spesifikasi Yamaha R25

Untuk menganalisa spesifikasi Yamaha R25 kita pertama ke bagian desain terlebih dahulu. Desain yang membentuk motor Yamaha R25 ini terlihat berani dengan meruncingnya bentuk body bagian depan dan belakang. Meruncingnya body ini juga selain sebagai keindahan juga sangat membantu akselerasi dari motor sport Yamaha R25 ini. Pada bagian jok terlihat sangat nyaman untuk diduduki dengan bantalan tangkinya. Bentuknya sangat terlihat agresif dipadukan mesinnya yang gahar. Jika kita melihat pada headlampnya maka anda akan disuguhi desain predator yang cukup sangar serta Sporty Airduct dibagian tengah dan belakang yang sudah menggunakan lampu LED.

Spesifikasi Yamaha R25 lainnya dari segi desain bodynya adalah bentuk full fairing multi layer yang ada pada kanan dan kiri bodynya menambah kesan sebagai motor balap yang tangguh dari motor sport 250cc ini. Bentuk tangki bensin sengaja dibuat lebih meninggi dari motor sport lainnya ini menunjukkan bahwa motor Yamaha R25 sebagai raja motor 250cc.  Pada headlamp pembaca juga dapat melihat bahwa desainnya mirip dengan motor Yamaha yang lain yaitu M1. Motor ini memang memadukan beberapa desain dari motor sport Yamaha yang lainnya sehingga membentuk desain motor Yamaha R25 yang sangat ciamik. Fairing samping jika dibanding-bandingkan akan tampak seperti desain dari motor Yamaha r125.

Kita lanjut untuk masuk lebih dalam yaitu spesifikasi Yamaha R25 dari segi dapur pacunya. Dapur pacu atau mesin Yamaha R25 ini jika dilihat spesifikasinya sangat tangguh. Dengan mesin bertipe DOHC dan kapasitas maksimal 249 cc mampu membuat pengendaranya melesat dengan kecepatan tinggi seperti pembalap MotoGP. Mesinnya juga dilengkapi dengan Liquid cooled 4 stroke dan 2 silinder yang membuat performa mesin dari Yamaha R25 semakin mantap. Lalu mesinnya juga disematkan teknologi Direct Drive Camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang semakin menambah kejantanan mesin dari motor sport 250cc ini.

Dengan spesifikasi Yamaha R25 yang cukup tangguh motor sport ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebanyak 26.5 kW atau 36 PS, sedangkan torsi maksimal yang dapat dihasilkan 22,6 Nm pada 10.000 RPM. Spesifikasi Yamaha R25 ini dari segi mesinnya juga tidak ketinggalan dengan mesinnya yang sudah tertanam Fuel Injection sehingga akan membuat motor ini performa maksimal namun irit bahan bakar. Transmission constant mesh 6 speed juga terpasang dalam mesin Yamaha R25 ini sehingga membuat mesin dari motor sport ini sangat stabil saat dibawa. Nah kali ini Mas Sena sediakan spesifikasi lengkap dari Yamaha R25 ini yang Mas Sena buatkan dalam bentuk tabel, berikut spesifikasinya :

Spesifikasi Yamaha R25
Dimensi
P x L x T
:
2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak sumbu roda
:
1.380 mm
Jarak terendah ke tanah
:
160 mm
Tinggi tempat duduk
:
780 mm
Berat isi
:
166 kg
Kapasitas tangki bensin
:
14,3 L
Rangka
Tipe Rangka
:
Diamond
Suspensi Depan
:
Teleskopik
Suspensi Belakang
:
Swing Arm
Ban Depan
:
110/70 – 17 M/C
Ban Belakang
:
140/70 – 17 M/C
Rem Depan
:
Cakram hidrolik, piston ganda
Rem Belakang
:
Cakram hidrolik, piston tunggal
Mesin
Tipe mesin
:
4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder
:
2 Silinder / Tegak
Diameter x langkah
:
60,0 x 44,7 mm
Perbandingan kompresi
:
11,6 : 1
Daya maksimum
:
27,2 kW / 1.200 rpm
Torsi maksimum
:
23,2 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter
:
Electric Starter
Sistem pelumasan
:
Basah
Kapasitas oli mesin
:
Total = 2,40 L ;
Sistem bahan bakar
:
Fuel Injection System
Tipe kopling
:
Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi
:
Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi
:
1-N-2-3-4-5-6
Kelistrikan
Sistem Pengapian
:
TCI
Battery
:
GT28V (MF Battery 7Ah)
Tipe Busi
:
CR 93 (NGK)

Harga Yamaha R25

Setelah kita melihat desain dan spesifikasi dari motor sport Yamaha R25, maka bisa disebut bahwa motor Yamaha R25 ini termasuk dalam motor kasta tertinggi dalam kategori motor 250 cc. Yamaha membawa pembaruan yang fresh dalam motor ini dengan desain yang mengadopsi motor sport motogp YZR-M1. Harga Yamaha R25 yang mahal juga akan sebanding dengan fasilitas yang didapat dari motor motoGP yang bisa dibawa jalan-jalan seharian ini. Harga Yamaha R25 telah resmi diumumkan dan Yamaha membandrol motor sport dengan tenaga besar ini dengan harga Rp 53 juta. Harga yang cukup mahal untuk sebuah motor, mamun tentunya Yamaha R25 ini memiliki keistimewaan tersendiri yang membuat harganya melambung tinggi.