Site and learn your application

Selasa, 14 Oktober 2014

12 Tempat Wisata di Kabupaten Trenggalek

Indo Amaterasu
Trenggalek adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur bagian selatan, yang berbatasan dengan Ponorogo dan Tulungagung. Setelah keliling disemua kota/ kabupaten yang ada di Jawa Timur, Trenggalek merupakan kabupaten yang paling sepi. Namun Trenggalek menyimpan tempat wisata yang indah, kebanyakan berupa wisata pantai, goa, dan air terjun. Berikut ini akan dijelaskan 12 wisata di Trenggalek yang wajib Anda kujungi.

12 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Trenggalek :

1. Goa Lowo
Goa Lowo

Goa Lowo atau Goa Kelelawar terletak di desa Watuagung Kecamatan Watulimo, 30 km arah selatan kota Trenggalek, searah rute ke Pantai Prigi, Pantai Karangggongso, dan Pantai Damas. Tidak sulit untuk menuju lokasi goa ini, karena jalanan yang dilalui relatif bagus dan aman, meski harus lewat di antara hutan jati. Goa Lowo memiliki lebar 50 M dan tinggi sekitar 20-50 M, dan dihiasi dengan dinding yang terbentuk secara alami dan unik.

Luas kawasan ± 20 ha terdiri dari kawasan luar Goa Lowo berupa lahan parkir, badan jalan menuju goa, sarana fasilitas pendukung (Warung makan dan kios, rest area playground, mushola, toilet), utilitas dan hutan jati. Kawasan dalam Goa Lowo terdiri dari jembatan pengunjung, lampu penerangan, rest area, stalaktit dan stalagmit beraneka bentuk yang indah dan menakjubkan dan terdiri dari 9 ruang yang tinggi dan luas. Goa Lowo berada pada ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut (dpl) dengan struktur lokasi tanah berbatu kapur dan marmer.

Kegiatan utama di obyek wisata Goa Lowo adalah menikmati panorama stalaktit dan stalagmit di sepanjang 850 meter lorong goa atau 9 ruang utama goa yang didukung panggung hiburan secara berkala berupa band, campursari dan lainnya. Menurut ahli goa dari Prancis (Mr. Gilbert Manthovani dan Mr. Robert Kingstone Kho pada penelitiannya tahun 1985) menyatakan bahwa Goa Lowo sebagai goa terluas, terpanjang dan terindah di Asia Tenggara.

2. Pantai Prigi
Larung Sembonyo

Luas Pantai Prigi adalah ±5 ha dan panjang ± 2 km. Pantai ini terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, atau sekitar 69 Km arah selatan Kota Trenggalek. Jalan untuk mencapai Pantai Prigi sebagian besar sudah beraspal hatmix dengan kondisi baik dan sebagian sedang. Pencapaian dari kota Trenggalek dan Tulungagung melalui kecamatan Durenan Trenggalek dari Bandung Tulungagung dengan jarak ±30 km. Jarak dari Bandung ke goa Lowo ± 8km. Setelah sampai pada km 8 masuk goa Lowo, dari badan jalan menuju lokasi masuk sekitar 200 meter.

Jenis transportasi (sepeda motor, mobil dan bus dapat mencapai lokasi, MPU jenis colt/ bison tersedia mulai dari simpang tiga Durenan dari terminal kota Trenggalek menggunakan mini bus kecil jurusan Trenggalek - Durenan - Bandung -  Watulimo turun di desa Watuagung dengan waktu pelayanan transportasi dari pukul 06.00 s.d 17.00 WIB. Selain menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi di Trenggalek, Pantai Prigi juga merupakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pelabuhan Nusantara terbesar di pantai selatan Jawa lho bos.

Saat kamu berkunjung ke Pantai Prigi bisa menikmati waktu dengan berenang/ bermain air, berkemah dan olahraga, permainan anak-anak, interaksi dengan nelayan, belanja ikan segar, memancing, tenis atau hanya tinggal di beberapa hotel dekat pantai. Pantai Prigi akan menjadi lebih ramai bila ada upacara labuh laut/ Larung Sembonyo, yang merupakan upacara tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah.

Upacara ini biasa dilaksanakan setiap hari Minggu pasaran Pon bulan Selo penanggalan Jawa. Selain sebagai upacara ucap syukur, penduduk disini juga percaya bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara.

Raden Tumenggung Yudha Negara adalah seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

3. Pantai Karanggongso
Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso berlokasi ±3 km sebelah timur Pantai Prigi, tepatnya terletak di desa Tasikmadu kecamatan Watulimo ±52 km arah selatan kota Trenggalek. Luas Pantai Karanggongso sekitar 4 ha dan panjang 1 km. Gelombang di Pantai Karanggongso relatif tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang dan mandi. Kamujuga dapat berinteraksi dengan nelayan pada event labuh laut/ Sembonyo yang dilakasanakan setiap bulan Suro penanggalan Jawa.

Jalan menuju Pantai Karanggongso beraspal dengan kondisi baik dan untuk mencapai pantai lokasi pantai kamu dapat melalui kota Trenggalek dan Tulungagung. Bila kamu dari Tulungagung bisa melalui Bandung, kabupaten Tulungagung selanjutnya dari Bandung menempuh jarak ±18 km menuju kecamatan Watulimo.

Bila kamu dari kota Trenggalek bisa melalui terminal dengan menggunakan minibus kode XL jurusan Trenggalek - Durenan - Bandung - Watulimo dan dilanjutkan dengan moda kendaraan umum lokal (colt dan ojek). Dari simpang tiga pantai Prigi lurus sejauh 3 km dengan kondisi jalan relative baik, dengan moda transportasi sepeda motor, mobil, bus dapat mencapai ke lokasi.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Karanggongso yakni Cottage, hotel dan perahu sewa, termasuk Prigi hotel dan sebuah hotel milik koperasi Pemerintah Daerah, serta beberapa restoran kecil dan warung yang menyajikan aneka makanan dan minuman nusantara. Sepanjang Pantai Karanggongso tumbuh pohon-pohon yang rimbun yang menambah udara dingin di pantai pada siang hari.

4. Pantai Damas
Pantai Damas

Pantai Damas berada 5 km arah barat daya dari Pantai Prigi, tepatnya terletak di desa Karanggandu kecamatan Watulimo ±53 km arah selatan kota Trernggalek. Jalan menuju Pantai Damas sampai dengan Watulimo sudah beraspal dengan kondisi baik, sedangkan arah ke Pantai Damas sepanjang 5 km masih banyak yang rusak (dalam proses perbaikan).

Penggunaan kendaraan umum MPU jenis colt/ bison tersedia mulai simpang tiga Durenan. Dari terminal kota Trenggalek menggunakan minibus kode XL jurusan Trenggalek - Durenan - Bandung - Watulimo, dapat dilanjutkan dengan moda kendaraan lokal.

Luas pantai ±5,5 ha dan panjang 2 km. Kawasan yang terbangun berpola linear sepanjang pantai berupa badan jalan dan parkir. Pantai Damas masih sangat alami, memiliki garis pantai yang panjang dan landai, bumi perkemahan yang luas dan teduh, area pancing dengan keanekaragaman ikan dan udang karang, kegiatan wisata, berenang, berjemur, dan berinteraksi dengan nelayan.

Pantai Damas cocok untuk berenang, surfing, berjemur atau olah raga pantai seperti volley pantai. Fasilitas yang tersedia di pantai yakni Warung dan kios, lahan parkir, listrik (ganset) dan mata air.

5. Pantai Blado
Pantai Blado
Pantai Blado merupakan pantai dengan ombak yang besar dan sangat alami untuk dikunjungi dan sangat cocok untuk selancar air (surving). Sebagai tempat obyek wisata, Pantai Blado memiliki panorama laut bebas yang indah, tempat luas untuk berjemur dan berselanar.

Pantai ini tepatnya terletak di desa Munjungan kecamatan Munjungan, 49 km arah selatan dari kota Trenggalek, ± 230 km dari Surabaya. Luas pantai Blado ±25 ha dengan panjang 3 km.

Pantai Blado juga ada kegiatan sedekah laut (Longkangan) yang dilaksanakan masyarakat nelayan Munjungan setiap hari Jumat Kliwon bulan Selo penanggalan Jawa.

Sedekah Laut (Longkangan)

Untuk mencapai Pantai Blado dapat melalui jalur jalan ke Gandusari dan Kampak atau melalui kecamatan Dongko dengan kondisi jalan aspal baik hingga sedang, cukup menantang, tipikal jalan pegunungan (areal Perhutani berkelok-kelok, banyak tikungan tajam dan sempit, membutuhkan kewaspadaan tinggi.

Mode transportasi umum sampai Munjungan minibus kode S2 (jurusan Trenggalek-Kampak-Munjungan). Fasiltas yang tersedia di Pantai Blado berupa Pondok wisata, penginapan kuda laut, area parkir, gardu pandang, panggung hiburan yang biasa digunakan berkala waktu (liburan sekolah, paska hari raya dan tahun baru, café skala lokal.

6. Pantai Ngadipuro
Pantai Ngadipuro

Pantai Ngadipuro merupakan pantai kampong nelayan dengan berpanorama indah dengan berpasir putih, landai dan berombak sedang. Pantai Ngadipuro berada di desa Craken kecamatan Munjungan arah selatan 59 km dari kota Trenggalek dan 240 km dari Surabaya dengan luas obyek 12 ha dan panjang pantai ±1 km.

Di Pantai Ngadipuro kamu dapat menikmati panorama laut bebas yang indah, bermain pasir, air dan berenang serta berinteraksi dengan nelayan, berlayar dan memancing, serta kegiatan upacara adat Longkangan (sedekah laut) masyarakat nelayan wilayah Munjungan. Akan tetapi fasilitas masih belum tersedia di pantai ini karena dalam tahap pengembangan oleh Pemkab Trenggalek.

Untuk mencapai Pantai Ngadipuro kamu dapat melalui jalur jalan kecamatan Gandusari - Kampak atau kecamatan Dongko kemudian Munjungan. Kondisi jalan pegunungan menantang, berkelok-kelok, banyak belokan tajam, sempit dan membutuhkan kewasapadaan tinggi. Lokasi Pantai Ngadipuro masuk dari dusun Ngadipuro sejauh 1 km dengan kondisi jalan macadam.

Jenis transportasi dari kota Trenggalek sampai Munjungan dengan minibus kode S2, dari Munjungan ke Ngadipuro dapat menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat sejenis station.

7. Pantai Ngulungwetan
Pantai Ngulungwetan

Pantai Ngulungwetan berada di desa Ngulungwetan kecamatan Munjungan. Arah selatan km 66 dari kota Trenggalek, 150 km dari Tulungagung, 250 km dari Surabaya. Luas obyek 9 ha dengan panjang pantai 800 meter.

Pantai Ngulungwetan masih merupakan pantai alami yang belum ada aktivitas dengan 50 goresan sepadan pantai berupa tanaman kelapa dan hutan campuran, berpasir putih. Kegiatan wisata yang dilaksanakan adalah menikmati panorama laut bebas yang indah, bermain air, berenang, berjemur dan menyaksika matahari tenggelam (sunset).

Pantai Ngulungwetan bisa diakses melalui Munjungan lewat jalur jalan (Trenggalek - Kampak - Munjungan) dengan kondisi jalan pegunungan naik turun berkelok-kelok, banyak belokan tajam. Dari  Munjungan menempuh jarak 28km kearah barat melalui jalur jalan Munjungan - Panggul dengan kondisi jalan makadam.

Moda transportasi dari terminal kota Trenggalek berupa minibus kode S2 (jurusan Trenggalek - Kampak - Munjungan. Dan dari Munjungan ke Ngulungwetan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat jenis station.

8. Pantai Ngampiran
Pantai Ngampiran

Pantai Ngampiran berada di desa Tawing kecamatan Munjungan, sekitar 4 KM arah timur dari Kantor Camat Munjungan atau ±53 km arah selatan dari kota Trenggalek dan 235 km dari Surabaya. Pantai Ngampiran masih sangat alami dan berpasir putih, dengan luas pantai ±7 ha dan panjang 500 meter.

Pantai ini berombak sedang, berpasir putih dan karang-karang yang tersebar di sepanjang pantai cocok untuk kegiatan memancing, bermain, santai, berlayar dan menyelam. Sebagian besar pantai ini sudah untuk aktivitas nelayan. Fasilatas yang tersedia di Pantai Ngampiran berupa pondok wisata, penginapan kuda laut, dan toilet.

Untuk mencapai Pantai Ngampiran kamu dapat melalui jalur jalan ke Gandusari - Kampak - Munjungan. Dari Kampak kondisi jalannya menantang, berkelok-kelok, naik turun, belokan tajam dan sempit, butuh kewaspadaan tinggi.

9. Pantai Pelang
Pantai Pelang

Pantai Pelang terletak di desa Wonocoyo kecamatan Panggul 57 km barat daya kota Trenggalek dengan luas pantai 10 ha dan panjang 2 km. Karakteristik Pantai Pelang adalah lebar dan panjang dengan ombak yang besar dan angin yang cukup kencang yang mengundang sensasi untuk aktivits berenang/ bermain (dalam pengawasan).

Di kawsan pantai ini juga terdapat air terjun dengan ketinggian 25 meter yang dapat untuk mandi dan membuat awet muda, terdapat bukit yang dapat untuk melihat panorama laut lepas dan goa di bawah bukit karang dengan kedalaman ±500 meter.

Air Terjun Panggul

Untuk menikmati keindahan panorama laut Pantai Pelang, pengunjung dapat naik ke puncak bukit dekat pantai yang telah dilengkapi dengan gardu pandang. Fasilitas yang tersedia di Pantai Pelang berupa penginapan, warung dan kios, area kemah, parkir, toilet dan taman bermain anak-anak.

Jarak tempuh ke Pantai Pelang dari kota Trenggalek 57 km. Melalui jalan beraspal dengan kondisi baik dan sebagian sedang. Pencapaian dari arah kota Trenggalek ke arah barat daya melalui Karangan, Suruh, Dongko, Panggul.

Transportasi (sepeda motor, mobil, minibus dan bus dapat sampai lokasi). MPU jurusan Trenggalek - Dongko - Panggul - dengan kode U atau minibus jurusan Trenggalek - Pacitan lewat Panggul - Lorok atau travel Paradimas dan travel Argopuro trayek Panggul - Surabaya PP lewat Trenggalek.

10. Pantai Taman Kili-Kili
Pantai Taman Kili-Kili

Pantai Taman Kili-Kili berada di sebelah timur Pantai Pelang yang dipisahkan oleh perbukitan dengan bebatuan karang yang cukup terjal. Pantai ini tepatnya terletak di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul, berjarak 54 km dari kota Trenggalek. Pantai Taman kili-kili memiliki hamparan pasir di sepanjang tepinya dan akan tampak indah kalau dinikmati disaat Sunrise atau Sunset.

Akses jalan ke Pantai Taman Kili-Kili bisa melewati sebelah Timur Dusun Bendogolor yang bisa dicapai mengunakan mobil pribadi diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang dikelilingi oleh persawahan, pertambakan serta perkebunan kelapa menuju Taman Kili-Kili.

Selain dari panorama yang sangat indah, Pantai Taman Kili-Kili memiliki obyek wisata lainnya berupa konservasi pembudidayaan Penyu yang dikelola oleh Kegiatan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang bertujuan untuk mengawal induk penyu yang selesai bertelur, memindahkan telur-telur penyu ke lokasi konservasi, menampung dan memelihara Tukik (Anak Penyu) yang baru menetas dan yang terakhir Melepas Tukik (Anak Penyu).

Balapan Penyu

Dari 7 jenis spesies penyu yang dikenal selama ini, di Pantai Taman Kili-Kili memiliki 4 jenis penyu. Diantaranya penyu hijau atau dikenal dengan nama green turtle (Chelonia mydas), penyu sisik atau dikenal dengan nama Hawksbill turtle (Eretmochelys imbricata), Penyu Abu-Abu/Lekang (Lepidochelys olivachea) dan penyu belimbing atau dikenal dengan nama Leatherback turtle (Dermochelys olivacea).

11. Pantai Konang
Pantai Konang

Pantai Konang berada sekitar 2 Km arah ke timur Pantai Pelang, tepatnya terletak di desa Nglebeng kecamatan Panggul, arah barat daya km 54 dari kota Trenggalek, 240 km dari Surabaya dengan luas pantai ±11 ha dan panjang 1,5 km dengan penggunaan lahan untuk kampung nelayan dan tanaman kelapa.

Pantai Konang juga memiliki karakteristik pantai dengan ombak yang besar dan sangat cocok untuk selancar. Walaupun cocok digunakan untuk selancar, tapi terkadang diberlakukan status “Warning” di Pantai Konang ketika ombak terlampau besar dan tidak diperbolehkan untuk selancar atau berenang.

Aktivitas utama di Pantai Konang adalah aktivitas nelayan, perdagangan/ pelelangan ikan, panorama laut bebas, bermain air, belanja ikan segar, menikmati ikan bakar dan interaksi dengan nelayan.

Meskipun wisata ini belum dikelola namun pada hari-hari tertentu sudah ramai dikunjungi wisatawan, dan pentas band/ musik dangdut. Fasilitas yang tersedia di Pantai Konang yakni penginapan, ATV, parkir bebas di bawah pohon nyiur.

Untuk mencapai Pantai Konang Anda dapat melewati kec. Karangan - kec. Suruh - kec. Dongko. Jalannya berasapal dalam kondisi baik dan sedang. Setelah melewati kecamatan Suruh jalan mulai menanjak dan berkelok-kelok sampai di kecamatan Dongko jalan berkelok sampai Panggul.

Moda transportasi ke Pantai Konang dengan minibus dari terminal kota Trenggalek jurusan Trenggalek - Dongko - Panggul - dengan kode U atau minibus jurusan Trenggalek - Pacitan lewat Panggul - Lorok atau travel Paradimas dan travel Argopuro trayek Panggul - Surabaya PP lewat Trenggalek.

12. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong
Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

Hutan Mangrove Pancer Cengkrong terletak di desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Hutan Mangrove ini tidak jauh dari pantai Prigi yang menjadi tujuan wisata idola di Trenggalek. Karena keelokan dan pesona alam yang sangat hijau yang akan memanjakan mata kamu, hutan yang diurus oleh POKMASWAS (Kelompok Masyarakat Pengawas) Kejung Samodra wajib kamu kunjungi.

Selain sebagai tempat wisata, di hutan ini kamu juga bisa memperoleh pelatihan yang diadakan oleh pengelola hutan, seperti penyemaian, penanaman mangrove, bahkan pengolahan sirup mangrove.

Jembatan Cengkarong

Jembatan yang ada di Hutan Mangrove Pancer Cengkrong juga biasa disebut "Jembatan Galau", Jadi buat kamu yang lagi galau, apalagi yang hobi ngegalau seperti anaknya Jokowi, Kaesang Pangarep cocok banget dech Ngegalau disini.

17 komentar:

  1. Pantainya bagus-bagus gan di Trenggalek, jadi kepengen main kesana kelak.

    BalasHapus
  2. Mampir juga ya gan, ditunggu kedatangan dan berbagai info wisata.
    http://www.idnusantara.com/

    BalasHapus
  3. Weeee. mantab postingannya, trenggalek memang maknyus tenan. ya inilah kota kelahiran saya. indah nan permai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita kenalkas destinasi Trenggalek ke berbagai penjuru dunia mas hehe

      Hapus
  4. Wah ternyata Trenggalek keren juga, mempunyai banyak destinasi wisata.

    BalasHapus
  5. Trenggalek mantab visit back gan www.fariizza-fm.blogspot.in

    BalasHapus
  6. trenggalek sangat bagus sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups suatu keindahan alam yang tak ternilai harganya. Beautifull

      Hapus
  7. Balasan
    1. Silahkan, mumpung mash alamai belum terkontaminasi hehe

      Hapus
  8. Masih ada beberapa yg belum. Guo maling guno di daerah dongko.. juruk waru daerah dongko pantai kuyon panggul. Pantai njoketro panggul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti Saya update lagi gan, yang lebih lengkap sesuai informasi agan

      Hapus
  9. Sharing yang menarik nih Gan. Ternyata banyak pantai indah di Indonesia.

    Salam,
    Panduan Wisata Indonesia

    BalasHapus
  10. Trenggalek memang indah terutama pantai priginya, bikin mau kesana lagi hehe

    BalasHapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish