Site and learn your application

Selasa, 21 Oktober 2014

Memahami Perbedaan SSH dan VPN

Memahami Perbedaan SSH dan VPN
Beberapa tahun yang lalu popular istilah VPN dalam dunia internet, dan bahkan ada yang menjual account VPN ke publik. Account VPN biasanya dijual beserta softwarenya, kegunaan VPN tidak lain adalah sebagai solusi akses internet murah. Hanya dengan pulsa Rp. 0,00 sudah bisa menggunakan internet tanpa batasan kuota. Mengenaik kecepatannya tergantung Anda berada dilokasi mana, apakah lokasi Anda sudah menudukung 3G, dan HDSPA.

Kemudian akhir-akhir ini muncul istilah SSH, yang mempunyai fungsi hampir sama dengan VPN. Terus yang menjadi pertanyaan sebenarnya apa perbedaan VPN dan SSH? Untuk memahami keduanya simak penjelasan berikut ini.

SSH

Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.

Secara sederhana SSH yang sering kita gunakan untuk trik internet gratis adalah sebagai tunneling yaitu mengirimkan dan menerima data melalui koneksi lain. Sebagai contoh coba anda buka situs seperti Paypal.com atau Gmail.com, pasti secara otomatis kita akan masuk ke situs tersebut menggunakan URL dengan awalan “HTTPS”, mengapa seperti itu ?, karena situs seperti yang saya sebutkan diatas menggunakan protocol SSL untuk pengiriman data HTTP untuk alasan keamanan.
Lalu apa hubungannya dengan SSH ? SSH dan juga SSL adalah contoh dari tunneling protocol yang digunakan untuk pengiriman data yang lebih aman, yang membedakannya adalah SSL hanya bisa digunakan jika kita memiliki sertifikat resmi yang harus kita beli, sedangkan SSH tidak perlu sehingga penggunaanya lebih mudah.

Jadi kesimpulannya SSH adalah protocol yang digunakan untuk melapisi pengiriman data seperti HTTP, FTP dan SMTP sehingga koneksi kita menjadi aman dan juga untuk bisa mengakses situs – situs yang menggunakan protocol SSL atau membuka situs yang diblokir , dapat menggunakan protocol SSH ini.

VPN

Fungsi utama Virtual Private Network adalah membuat koneksi aman ke jaringan lain melalui sambungan internet. Lalu, apa itu VPN? Bagaimana cara setting VPN di komputer windows 7? Kang topjer akan memberikan penjelasan lengkap pengertian VPN, Apa fungsi dan manfaat serta bagaimana cara setting VPN pada windows 7.

Virtual Private Network atau yang biasa disingkat VPN dapat digunakan untuk mengakses website yang memblokir pengunjung dari negara tertentu, melindungi anda saat browsing internet melalui jaringan terbuka seperti misalnya Wi-Fi Hotspots.

Apa Itu VPN ?

Dari namanya saja sudah dapat di tebak apa itu VPN : Virtual = Dunia maya / internet, Private = Pribadi, Network = Jaringan. Secara jelasnya pengertian VPN adalah jaringan pribadi yang dibuat menggunakan jaringan dari server VPN (software) untuk terhubung secara aman ke jaringan internet.

Berdasarkan uraian mengenai pengertian SSH dan VPN beserta kegunaanya dapat disimpulkan bahwa keduanya mampu melindungi aktivitas kita dalam internet. Sehingga semua situs yang diblockir telkom dan nawala project dapan dibuka dengan SSH dan VPN.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish