Site and learn your application

Selasa, 28 Oktober 2014

Perlukah Install CWM di Android ?

Indo Amaterasu
Perlukah Install CWM Android ?
Banyak blog yang membahas kegunaan CWM Recovery dan menjelaskan apa fungsi dari CWM tersebut. Banyak juga ribuan user Android yang tidak tahu dasar-dasar Android dengan ikut-ikutan install CWM di ponselnya. Adapula yang membahas CWM adalah aplikasiyang wajib di install setelah proses rooting. Apakah Anda termasuk demikian ?

Sebenarnya perlukah kita install CWM di Android ? Sebelum menginjak bahasan lebih lanjut mari simak fungsi CWM Recovery.

Apakah ClockworkMod ?

ClockworkMod Recovery adalah recovery sekunder untuk perangkat Android yang dibuat oleh Koush. Hal ini didasarkan dari citra pemulihan eclair. Fitur termasuk backup Nandroid, adb shell, advance update.zip (ignore asserts and signature checks) , dan file browser untuk memilih update.zip. ClockworkMod juga dikenal sebagai CWM, clockwork dan CW recovery.

Tentang Android Recovery
Android Recovery

Hampir sebagian besar perangkat android menyertakan konsol pemulihan yang pada dasarnya dalam partisi pada memori internal perangkat dan dapat dipanggil pada saat boot. Pemulihan stock hampir semua perangkat android menyediakan pilihan dasar yang memungkinkan anda untuk mengembalikan pada setting awal pabrik / factory reset namun tidak semua dapat memulihkan sistem operasi pada ROM format zip, oleh karena itu pemulihan custom akan berguna pada saat anda membutuhkan pemulihan sistem operasi tersebut.

Sebuah pemulihan custom pada dasarnya menggantikan pemulihan stock dengan salah satu yang memungkinkan anda melakukan semua yang dapat anda lakukan dengan pemulihan stock, ditambah beberapa fitur lebih banyak pilihan untuk memberi kontrol lebih banyak pada perangkat anda. Dengan pemulihan custom, anda dapat menginstal ROM resmi dan tidak resmi serta pembaruan lainnya termasuk aplikasi, tema, kernel menggunakan file zip, dan masih banyak lagi fitur yang disediakan.

Pengantar ClockworkMod
CWM Recovery

Recovery ClockworkMod adalah salah satu pemulihan yang paling banyak digunakan android custom yang tersedia untuk perangkat android. Ini adalah pemulihan yang dibutuhkan untuk AOKP, AOSP, CM7, CM9, CM10 dan lainnya. ClockworkMod recovery dikembangkan oleh Koushik Dutta (juga dikenal sebagai Koush - seorang developer Android ROM Manager.

Kesimpulannya !

CWM (ClockworkMod) dan Android Recovery (Recovery bawaan Android) mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai mode untuk melakukan kendali jika Android terjadi error dan tidak bisa masuk menu Android. Dalam istilah Windowsnya adalah Save Mode. Google sebagai pengembang Android dari tahun-ketahun juga telah memperbaharui dan menyempurnakan Android Recovery, dengan Android Recovery juga bisa melakukan Custom Room (Cusroom).

Jadi sebuah kesalahan besar menginstall CWM Recovery di Android, karena fungsinya sama dengan Android Recovery dan CWM Recvery buatan pihak ketiga setelah Google.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish