Site and learn your application

Rabu, 01 Oktober 2014

Ramalan Kematian Raja Kamsa

Indo Amaterasu
Krishna Kecil Membunuh Kamsa
Raja Kamsa adalah Raja dari kerajaan Mathura, beliau mempunyai sifat yang buruk dan bertidak sewenang-wenang. Sebelum mejadi Raja, Kamsa sangat berambisi merebut tahta kerajaan Mathura dari ayah mertuanya sendiri Urgasena.

Rencana buruk Kamsa ternyata sudah direncanakan jauh-jauh hari, bersama orang kepercayaan dan sekaligus penasihatnya bernama Banasaura dan Canur, menyarankan agar Kamsa menikahi dua orang puteri Jarasanda raja Kerajaan Magadha, yang juga sahabat Banasura. Nama kedua putri itu adalah Asti dan Prapti.

Ramalan Kematian Kamsa

Kamsa memiliki sepupu bernama Dewaki yang dianggapnya sebagai adik kandungnya sendiri. Dewaki menikah dengan Basudewa dan pernikahan mereka dirayakan secara meriah oleh Kamsa. Tiba-tiba terdengar suara dari langit bahwa kelak Kamsa akan mati di tangan anak Dewaki.

Kamsa mendapatkan ramalan Dewa bahwa kematiannya ada ditangan anak Dewaki yang ke-8, yaitu Krishna. Ramalan ini membuat ketakutan Raja Kamsa, Karena panik, Kamsa pun menjebloskan Basudewa dan Dewaki ke dalam penjara. Setiap kali Dewaki melahirkan, Kamsa langsung membunuh bayinya. Hal ini berlangsung sampai enam kali. Pada kehamilan ketujuh, istri pertama Basudewa yang bernama Rohini datang menjenguk. Secara ajaib, kandungan Dewaki pun berpindah ke dalam rahim Rohini.

Pada kelahiran bayi kedelapan, tiba-tiba datanglah pertolongan dewata. Pintu penjara terbuka dan seluruh penjaga tertidur lelap. Basudewa pun dengan mudah membawa bayinya pergi untuk dititipkan kepada sahabatnya yaitu Nanda (mitologi). Setelah itu, Basudewa membawa bayi perempuan anak Nandagopa kembali ke penjara.

Esok paginya, Kamsa datang ke penjara untuk membunuh bayi Dewaki yang baru lahir. Ketika melihat bayi tersebut ternyata perempuan, ia pun merasa menang atas ramalan dewata.

Kematian Raja Kamsa

Setelah dewasa Krishna muda bersama kakaknya Balarama pergi ke Mathura untuk menyelamatkan ibunya, misi Krishna ini sekaligus sebagai langkah awal untuk menegakkan kebenaran. Sesampainya di Mathura, Kamsa menantang Krishna untuk begulat dengannya. Dalam pertarungan tresebut Krishna berhasil mengalahkan Raja Kamsa, diakhir kematiannya Raja Kamsa melihat jelmaan Dewa Wisnu ada pada diri Krishna, setelah memberi hormat baru menghembuskan nafas terakhirnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish