Site and learn your application

Air Terjun Cunca Rami Manggarai Barat

Indo Amaterasu

Air Terjun Cunca Rami di Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Dalam bahasa lokal orang Manggarai Raya, "Cunca" artinya air terjun dan "Rami" adalah hutan kecil dengan tumbuh-tumbuhan kecil. Jadi Cunca Rami adalah air terjun yang dikelilingi hutan kecil di kiri kanan airnya. Lokasi Cunca Rami berada di Kecamatan Sano Nggoang, tak jauh dari Werang, Ibu Kota Kecamatan Sano Nggoang.

Untuk menuju ke lokasi Cunca Rami, para pelancong bisa melewati dua arah dari Kota Labuan Bajo. Berwisata dengan mengendarai kendaraan roda dua dan empat dari Labuan Bajo menuju ke Bambor dan dari Bambor menuju ke Werang, kendaraan roda dua dan empat diparkir di Werang. Dari Werang, para pelancong menyusuri jalan setapak yang masih dipenuhi tumbuh-tumbuhan di kiri kanan jalan.

Setelah itu, wisatawan menyeberangi sebuah kali. Berjalan terus sampai di sebuah bendungan, dari bendungan menyeberangi sebuah kali lagi dan terus menyusuri keindahan alam dengan perpaduan suara burung pada pagi hari ataupun sore hari. Sesudah itu, kita berjalan sampai di sebuah kali dan menyeberangi lagi sampai di persawahan. Dari persawahan kita bisa melihat dan mendengarkan bunyi air terjun yang tertinggi di Manggarai Barat. Diperkirakan tinggi Air Terjun Cunca Rami setinggi 30 meter.

Dalam keadaan lelah, kita disegarkan dengan butiran-butiran air terjun yang sampai disekitar persawahan. Puncaknya, wisatawan bisa mandi di sungainya. Namun, kita tetap hati-hati saat mandi karena sungainya sangat dalam.

Arah yang satunya adalah dari Labuan Bajo bisa ditempuh 15 menit dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Kendaraan kita parkir di Kampung Melo. Dari Melo, kita melintasi perjalanan di tengah hutan Mbeliling yang sangat sejuk sambil mendengarkan suara burung endemik Flores yang masih hidup di hutan Mbeliling.

Dari Melo kita mendaki kawasan bentang alam Mbeliling sampai dipuncak persinggahan di tengah hutan, dari situ kita menuruni lereng dan lembah sampai disebuah kampung. Dari kampung itu kita berjalan kaki menuju ke Cunca Rami. Sungguh sangat menakjubkan keindahan yang dilimpahkan Yang Maha Kuasa bagi warga masyarakat Manggarai Barat.

Setelah kita menikmati keindahan air terjun Cunca Rami, sebelum wisatawan kembali ke Labuan Bajo, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat, wisatawan mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang. Lokasi Cunca Wulang berada di hutan Mbeliling, di Kecamatan Mbeliling.