Site and learn your application

Jumat, 07 November 2014

Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy S5

Indo Amaterasu
Cara Menghemat Bateai Samsung Galaxy S5
Device seperti Samsung Galaxy S5, sejatinya sudah memiliki manajemen pengaturan baterai yang advance dan baik. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan supaya penggunaan baterai awet dan berumur panjang.
  1. Senantiasa gunakan charger asli bawaan resmi dari perangkat yang kita gunakan, karena sudah didesain spesifik dengan device tersebut.
  2. Jangan menggunakan baterai sampai benar-benar habis dan device mati. Sel-sel baterai butuh daya lebih besar untuk diisi kembali jika dalam kondisi sangat habis, akibatnya cycle umur baterai akan menurun.
  3. Umur baterai dihitung dengan cycle. Rata-rata baterai Lihium ion memiliki umur 500 cycle. Setelah batas cycle ini terlampaui, kinerja baterai akan menurun secara signifikan. Satu cycle kira-kira seperti ini: misalkan kondisi baterai kita hari ini setelah dipakai sisa 50%. Di-charge sampai penuh, 100%, kemudian digunakan sampai tersisa lagi 50%, ini kira-kira dinamai satu cycle.
  4. Kondisi baterai yang sehat berada di kisaran panas bervariasi antara 0 drajat celcius sampai 35 drajat celcius. Jika kita meletakkan device di tempat yang panas, misal di bawah sinar matahari terlalu lama sehingga device menjadi sangat panas, ini akan mempengaruhi kinerja dan umur baterai.
  5. Device seperti Samsung S5 sudah dilengkapi kemampuan untuk menghentikan proses charging secara otomatis jika baterai sudah terisi penuh. Tapi pernah disarankan dari pabrikan supaya tidak meletakkan device tersambung terus ke colokan charger, lebih dari 16 jam. Jika Anda sangat concern dengan hal ini, menggunakan tambahan timer listrik yang bisa di set untuk menyala dan mati dalam durasi waktu yang ditentukan, akan lebih baik.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish