Site and learn your application

Sabtu, 22 November 2014

Memahami Jaringan 4G LTE

Memahami Jaringan 4G LTE
Seiring bergantinya zaman jaringan intenet juga mengalamai evolusi, ditahun 1990an kecepatan internet maskimal hanya kisaran KB/s (kilo bite/ secon) sekarang sudah MB/s (mega bite/ secon) bahkan G/s (giga bite/ secon). Ditahun 1990an sering kita jumpai indikato sinyal internet dengan tulisan GSM, GPRS, dan EDGE, menginjak tahun 2000an meningkat menjadi UMTS, HDSPA, dan sekarang yang populer jaringan 4G (LTE).

3GPP Long Term Evolution atau yang biasa disingkat LTE adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. Teknologi ini mampu download sampai dengan tingkat 300mbps dan upload 75mbps. Layanan LTE pertama kali diadopsi oleh operator seluler TeliaSonera di Stockholm dan Oslo pada tanggal 14 desember 2009.

Walaupun dipasarkan sebagai teknologi 4G, LTE yang dipasarkan sekarang belum dapat disebut sebagai teknologi 4G sepenuhnya. LTE yang di tetapkan 3GPP pada release 8 dan 9 belum memenuhi standarisasi organisasi ITU-R. Teknologi LTE Advanced yang dipastikan akan memenuhi persyaratan untuk disebut sebagai teknologi 4G. Di Indonesia, operator pertama yang menggunakan teknologi 4G ini adalah Bolt yang diluncurkan oleh PT. Internux pada tanggal 14 November 2013.

3GPP Long Term Evolution (LTE) dan dipasarkan dengan nama 4G LTE adalah sebuah standard komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA untuk aksess data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler mau pun perangkat mobile lainnya. LTE disebut-sebut sebagai jaringan nirkabel tercepat saat ini, sebagai penerus jaringan 3G. LTE bahkan diklaim sebagai jaringan nirkabel yang paling cepat pertumbuhannya.

LTE adalah teknologi yang didaulat akan menggantikan UMTS/HSDPA. LTE diperkirakan akan menjadi standarisasi telepon selular secara global yang pertama. Pada tahun 2014 Telkomsel dan Indosat secara bertahap mengganti jaringan 2G, 3G ke 4G LTE, ditahun 2015 diharapkan jaringan LTE bisa dinikmati diseluruh wilayah Indonesia.


0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish