Site and learn your application

Selasa, 25 November 2014

Sumpah Arjuna Membunuh Jayadrata Sebelum Matahari Terbenam

Indo Amaterasu
Sumpah Arjuna Membunuh Jayadrata Sebelum Matahari Terbenam
Jayadrata merupakan aktor dibalik kematian Abimanyu, Jayadarata mampu menghadang BIMA, Yudhistira, Nakula, dan Sadewa menerobos formasi perang Kurawa Chakrawyuha. Abimbanyu mati secara mengenaska akibat kelicikan Kurawa dengan mengeroyoknya sampai tewas. Jayadrata rupanya masih menyimpan dedam kepada Arjuna karena dulu pernah mempermalukannya dengan menggundul kepada Jayadrata akibat mencuri drupadi. Dendam Jayadrata terbalaskan atas kematian Abimbanyu.

Disaat yang bersamaan Arjuna perang melawan pasukan Kurawa, tidak satu lokasi dengan Abimbanyu dan para Pandawa lainnya. Si Krishna yang menjadi kusir Arjuna merasakan firasat buruk atas kematian Abimanyu. Arjuna marah dan bersumpah mebunuh Jayadrata sebelum matahari terbenam.

Pihak Kurawa menyembunyikan Jayadrata sampai batas waktu matahari terbenam. Arjuna bingung mencari tempat persembunyian Jayadrata. Si Krishna menyiasatinya dengan mengeluarkan Cakra Baskara menutupi matahai. Langit menjadi petang (gelap) padahal masih siang hari, Jayadrata mengira bahwa hari sudah benar-benar sore dan matahari tebernam. Jayadrata keluar dari persembunyiannya, karena sumpah Arjuna telah melewati batas yang ditentukan.

Si Krishna menarik Cakra Baskara dan langit menjadi cerah lagi, Jayadrata kaget karena dihadang Arjuna dengan menarik busur Gandiwa. Panah Arjuna melesat mengenai leher Jayadrata, kepalanya terpenggal.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish