Site and learn your application

Selasa, 25 November 2014

Tracy Chou Programmer Cantik Pinterest

Indo Amaterasu
Tracy Chou

Tracy Chou mempunyai wajah cantik ala oriental. Dengan umur 27 tahun dan fisik menarik, dia memilih pekerjaan yang agak berbeda dengan wanita sebayanya, yakni programmer.

Tak cuma sekedar programmer biasa, Chou adalah salah satu orang penting di balik desain cantik Pinterest. Dan dia juga salah satu insinyur top di Sillicon Valley, serta masuk dalam daftar 25 wanita berpengaruh di bidang teknologi.

Menjadi programmer sejatinya bukanlah pilihan utamanya sejak awal. Walaupun dia tumbuh besar di Lembah Valley dari anak progammer yang menghabiskan waktu sorenya di strartup milik orangtuanya tersebut.

Sebelum memilih jalan sebagai programmer, bahkan dia sempat mempertimbangkan karir di bidang pemasaran.

Tapi segalanya berubah, ketika Facebook memanggilnya untuk sebuah magang di bidang software engineering. Bakat alaminya dalam penguasaan di bidang programmer menunjukkan jati dirinya.

Kemudian dia melanjutkan magang di Google, dengan beberapa staf pemrograman yang paling elit di sana, sebelum akhirnya bergabung Quora dan berlabuh di Pinterest.

Dia tahu industri teknologi itu didominasi laki-laki, tapi dia sadar bahwa dia yang mendapatkan kesempatan bisa untuk mendorong perempuan di industri ini.

Tapi Itu semua berubah tahun lalu ketika ia menghadiri Perayaan Grace Hopper, sebuah konferensi tahunan yang didedikasikan untuk mendorong perempuan dalam komputasi.

"Rasa umum saya dapatkan adalah tidak cukup perempuan, jumlahnya benar-benar buruk," katanya saat berbincang dengan Majalah Vogue.

Tracy Chou 2

Dia pun mencoba melakukan survei terhadap seberapa banyak wanita di industri teknologi. Hasilnya tidak menggembirakan. Kurang dari 9% dari insinyur Mozilla adalah perempuan, dan Facebook dan Yahoo hanya punya 15% insinyur wanita. Perusahaan tertentu bahkan tidak bisa menghitung satu wanita di tim engineering mereka.

Tugas dia memang tak sekedar bekerja menyesuaikan diri di lingkungan laki-laki, lebih dari itu dia mencoba mendorong banyak wanita mengerjakan pekerjaan yang tak umum ini.