Site and learn your application

Minggu, 07 Desember 2014

Cara Mempercepat Internet Download Manager (IDM)

Apakah Anda cukup puas dengan kecepatan download yang dimiliki? Sebelum mejawab perntanyaan tersebut silahkan simak penjelasan berikut ini. Faktor utama yang mempengaruhi kecepatan download adalah koneksi internet, terkadang kita mendapatkan kecepatan downlad yang tinggi dan ada kalanya lambat.

Pertanyaan selanjutnya, Apakah kecepatan download yang lambat bisa dipercepat ? jawabannya tetap tergantung pada koneksi internet yang digunakan. Namun kecepatan download yang lambat dan kecepatan sedang bisa dimaksimalkan. Syaratnya Anda harus memakai IDM sebagai media downloadernya, lalu melakukan sedikit konfigurasi pada IDM.
Cara Mempercepat Internet Download Manager (IDM)

Memaksimalkan Kecepatan Internet Download Manager 

IDM bisa mempercepat download karena memaksimalkan kecepatan koneksi internet kita sekaligus memaksimalkan jumlah koneksi yang bisa kita lakukan ke server tempat file tersimpan. Hal pertama yang mau kita optimasi disini adalah kecepatan koneksi internet kita.

Supaya kecepatan download IDM meningkat, maka kita harus memaksa supaya IDM menggunakan semua kecepatan koneksi internet kita untuk melakukan proses download. Semuanya! Dengan begitu maka proses download di IDM bakal berlangsung dengan lebih cepat.

Cara memaksimalkan kecepatan Internet Download Manager:
  • Buka Internet Download Manager > Options.
Memaksimalkan Kecepatan Internet Download Manager
  • Connection Type/ Speed > Hight speed : Direct connection (Ethernet/Cable) / Wi-Fi / Mobile 4G / Other.
Memaksimalkan Kecepatan Internet Download Manager 2

Dengan begini maka IDM akan menggunakan kecepatan internet yang Anda miliki untuk mempercepat proses download.

Catatan
  • Kelebihan: Proses download akan berlangsung dengan lebih cepat, karena semua kecepatan internet akan diberdayakan untuk melakukan download.
  • Kekurangan: Ketika proses download berlangsung maka Anda tidak bisa browsing dengan nyaman. Seluruh kuota kecepatan yang ada akan dialokasikan untuk proses download hingga tidak tersisa banyak untuk browsing dan kegiatan lainnya.

Memaksimalkan Kinerja File Server IDM 

IDM memaksimalkan kinerja file server dengan cara berusaha melakukan koneksi sebanyak mungkin (Multiple File Stream) dan mendownload file dalam beberapa bagian secara bersamaan. Untuk itu supaya proses download berjalan dengan lebih cepat, maka kita harus memaksimalkan jumlah koneksi dari PC kita ke file server sebanyak mungkin yang IDM bisa.

Cara memaksimalkan kinerja file server IDM:
  • Buka Internet Download Manager > Options.
Memaksimalkan Kinerja File Server IDM
  • Max. connections number > pilih 32.
Memaksimalkan Kinerja File Server IDM 2

Dengan jumlah koneksi maksimal ke file server tersebut maka Anda bisa mendapatkan kecepatan download yang lebih maksimal.

Catatan 
  • Kelebihan: Proses download berlangsung lebih cepat, karena jumlah koneksi yang dilakukan ke file server dalam waktu yang bersamaan sangat banyak. Trik ini bakal bekerja dengan sangat baik terutama di file server yang memiliki spesifikasi dan performa yang bagus.
  • Kekurangan: Beberapa file server membatasi jumlah koneksi maksimal bagi sebuah PC untuk melakukan download. Bahkan terkadang server tersebut akan melakukan blacklist IP untuk mencegah agar PC tersebut tidak menghabiskan banyak resource server. Jika server tempat Anda melakukan download sering memutuskan koneksi saat download dengan jumlah setting koneksi 32, Anda bisa menguranginya hinnga 16 atau 8. Lakukan testing dan testing!
Tes Kecepatan Internet Download Manager (IDM)

Sebelum melakukan konfigurasi IDM
Sebelum melakukan konfigurasi IDM

Setelah melakukan konfigurasi IDM
Setelah melakukan konfigurasi IDM

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish