Site and learn your application

Selasa, 10 Maret 2015

Cara Mengatasi Googlebot Can't Sccess Your Site Pada Blogger

Indo Amaterasu
Secara mengejutkan indoamaterasu dapat email dari Google Websmater yang isinya "Googlebot can't access your site.." seperti pada gambar di atas. Alhasil selama dua hari trafik pengunjung blog indoamaterasu turun drastis, artikel yang awalnya selalu berada di halaman pertama mesin pencari google tiba-tiba hilang dengan sedirinya. Lebih mengejutkannya lagi pada hari ketiga domain tidak bisa diakses dengan keterangan pesan "404" error.

Indoamaterasu masih bingung kenapa tiba-tiba Googlebot tidak dapat mengakses situs indoamaterasu. Akhirnya mencoba dengan menghubungi teknikal suport seperti yang disarankan Google, ternyata benar record DNS telah terhapus dan akhirnya direcord kembali. Alhamdullilah indoamaterasu bisa diaskses kembali dan berjalan normal. Namun harus mulai dari awal lagi untu mendapatkan trafik pengunjung yang banyak.

Blog Indoamaterasu telah 2 kali mengalami kejadian seperti ini tepatnya pada bulan Desember 2014 dan Juni 2016. Awalnya admin @indoamaterasu panik namun karena sebelumnya telah mengalami kejadian yang sama akhirnya sedikit santai, tetapi tetap merasa was-was. Berikut ini ada 2 cara mengatasi Googlebot Can't Sccess Your Site Pada Blogger, adalah sebgai berikut.

Cara 1, Ambil Sebagai Google (klik gambar untuk melihat tampilan yang lebih besar)

Caranya login ke Google Webmaster > kemudian pilih "Perayapan" > Ambil Sebagai Google > biarkan kosong lalu "Ambil dan Render".
Ambil sebagai Google

Maka muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, kemudian pilih "Kirim ke Indeks"
Kirim ke Indeks

 Pilih Rayapi URL ini dan tautan langsungnya
Rayapi URL ini dan tautan langsungnya

Blog Anda akan melakukan proses pengindexan ulang, tunggu sampai Google mengindex blog Anda.

Cara 2, Melakukan Pointing Ulang dari Blogspot ke domain sendiri

Cara dilakukan bila mengambil alih ke Google tidak berhasil. Penyebabnya kemungkinan besar DNS blog telah terhapus dan perlu direocord ulang. Anda bisa menghubungi penyedia domain Anda dan atau melakukan pointing ulang sendiri.

Panduan melakukan pointing 1 >>
Panduan melakukan pointing 2 >>