Site and learn your application

Sabtu, 20 Desember 2014

Memahami Pesan Error 404 Pada Situs Tertentu

Indo Amaterasu
Pada saat kita browsing atau berselancar di internet terkadang ketika membua situs tertentu muncul pesan error "404". Pesan error "404" mempunyai banyak arti, tergantung dari masalah yang dialami situs tersebut, bisa masalah DNS, penyedia server down, dan lain sebagainya.

Error 404 “Page not found” adalah halaman error yang ditampilkan setiap kali seseorang meminta halaman yang tidak tersedia di suatu situs. Alasannya adalah bahwa mungkin ada link di situs itu yang salah atau halaman tersebut mungkin telah baru-baru ini dihapus dari situs. Karena tidak ada halaman Web untuk ditampilkan, server web mengirimkan halaman yang hanya mengatakan “404 Page not found”.
Memahami Pesan Error 404 Pada Situs Tertentu

Pesan kesalahan 404 adalah kode status standar pesan kesalahan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Respon “Not Found” ini menunjukkan bahwa walaupun klien bisa berkomunikasi ke server, server tidak bisa menemukan apa yang diminta atau tidak dikonfigurasi untuk memenuhi permintaan tersebut.Kesalahan 404 “Not Found” tidak sama seperti error “Server Not Found” yang Anda lihat setiap kali koneksi ke server tujuan tidak dapat dilakukan sama sekali.

Baca: Memahami Pesan Error "451" Untuk Situs Tidak Ditemukan

Untuk menjelaskan kode 404, yang pertama angka “4″ merupakan kesalahan klien.Server menunjukkan bahwa anda melakukan kesalahan seperti kesalahan ejaan URL atau halaman yang diminta tidak lagi tersedia.Angka tengah, digit 0 merupakan kesalahan sintaks umum dan menunjukkan kesalahan ejaan.Angka terakhir, digit 4 mengacu pada kesalahan tertentu dalam kelompok 40x.World Wide Web Consortium (W3C) menyatakan bahwa 404 Not Found harus digunakan dalam kasus-kasus di mana server gagal untuk menemukan lokasi yang diminta dan tidak diketahui statusnya.

Berikut ini ada beberapa pesan error "404" yang wajib Anda pahami beserta artinya :

Error 404: Not found


Pesan Error 404 Not found

Kode kesalahan ini yang paling sering kita temui ketika mengunjungi sebuah website, Page Not Found artinya browser tidak bisa menemukan halaman yang kita cari dikarenakan berbagai kemungkinan yaitu situs telah dihapus oleh pemiliknya, atau server tempat dimana situs itu disimpan mengalami gangguan. Halaman akan kembali dapat diakses jika pemilik memunculkan kembali.

Error 400 : Bad request
Kode kesalahan 400 (Error bad request) sering ditemukan ketika kita salah mengetikkan alamat situs, coba periksa kembali pada adrress bar browser. Atau kemungkinan lain server situs sedang mengalami gangguan, sehingga tidak dapat mengenali permintaan komputer Anda.

Error 403 : Forbidden


Pesan Error 403 Forbidden

Nah, kalau kasus Error 403, artinya halaman yang ingin kita tuju sebenarnya ada, namun disembunyikan oleh pemiliknya (forbidden access). Pemilik situs sengaja menyembunyikan situs dari beberapa IP atau semua orang.

Error 401 : Unauthorized


Pesan Error 401 Unauthorized
Pesan Error 401 Unauthorized

Jenis kesalahan ini biasanya ketika kita membuka sebuah halaman yang membutuhkan akses login terlebih dahulu. Namun, sebagian besar situs saat ini sudah otomatis menampilkan halaman login, tanpa menampilkan kode error 401

Error 413 : Request Entity Too Large
Jika Anda menemukan kode kesalahan seperti ini artinya, data yang diminta terlalu besar dan komputer server tidak bisa menampung besarnya data yang Anda minta.

Error 414 : Reques URL Too Long


Pesan Error 414 Reques URL Too Long
Pesan Error 414 Reques URL Too Long

Pesan error seperti ini sudah jarang dijumpai karena URL sudah dibuat sedemikian rupa lebih singkat. Kode error ini berarti URL yang ingin dituju terlalu panjang dan server tak mampu memprosesnya.

Error 409 : Conflict
Pesan error ini muncul ketika kita sedang mengakses sebuah situs, namun pada saat yang bersamaan pemilik situs sedang mengedit halaman sehingga terjadi konflik, dan tidak dapat diproses oleh komputer server.

Error 410 : Gone
Pesan kesalahan ini berarti halaman yang diminta sudah dihapus secara permanen, atau domain website tersebut sudah expired.

Error 408: Requst Timeout
Pesan error seperti ini biasa terjadi ketika koneksi jaringan internet kita lambat, sehingga komputer server memutus requst karena terlalu lama. Untuk mengatasinya, refresh browser. Jika masih sama, maka reset modem dan koneksikan ulang.

Error 405: Methode Not Allowed
Pesan ini muncul jika koneksi menggunakan metode yang tidak didukung oleh komputer server.

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish