Site and learn your application

Jumat, 30 Januari 2015

Cara Mendapatkan Kode Pelacakan Google Analitycs dan Memasangnya di Blog

Indo Amaterasu
Menurut Wikipedia Indonesia Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna.

Pada postingan kali ini diasumsikan bahwa Anda pernah mendaftarkan Situs Web Blog di Google Analitycs tetapi belum sempat memasang ID dan Kode pelacakan, atau sudah memasang keduanya namun karena ganti template sehingga mengharuskan memasangnya lagi namun bingung menemukan ID dan Kode pelacakan pada dashboard Google Analitycs. Mengenai permasalahn yang mumun dialami para blogger, Saya berniat membantu berbagi solusi menemukan ID Tracking dan Code Tracking Google Analitycs.

Cara menemukan kode HTML pelacakan Googele Analitycs
  • Login ke akun Google Analitycs menggunakan akun gmail yang telah terdaftar, maka akan muncul dashboard Google Analitucs seperti pada gambar di bawah ini. Pilih Admin.
Admin Google Analitycs
  • Muncul lagi halaman baru dengan 3 pilihan yaitu Account, Propert, dan Web. Pilih Property dan arahkan mouse ke Tracking Code.
Property Google Analitycs
  • Tracking Code.
Tracking Kode Google Analitycs
  • Pada kode pelacakan Google Analitycs terdapat ID Pelacakan dan HTML Kode Pelacakan yang dipasang di HTML/JavaScript dan keduanya harus dipasang.
Tracking ID dan Tracking Kode
  • Cara memasang ID Pelacakan (Tracking ID) Google Analitycs. Login ke akun blogger Anda, pilih setelan > Lainnya > Copy dan Paste Tracking ID di "ID Property Web Analitycs".
Memasang ID Pelacakan
  • Cara memasang Kode HTML Pelcakan Google Analitycs. Copy dan Paste kode pelacakan di template Edit HTML paste kode tersebut di atas kode </body>
Memasang Kode Pelacakan Google Analitycs
  • Simpan dan lihat hasilnya pada dashboard Google Analitycs > pilih Real Time.
Realtime Google Analitycs

0 komentar:

Poskan Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish