Site and learn your application

Sabtu, 17 Januari 2015

Memahami Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Indo Amaterasu
Memahami Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authorty (PA)
Gmbar di atas adalah hasil pengukuran Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) dari situs www.indoamaterasu.com. Hasinya masih rendah karena umur domain juga belum genap 1 tahun, tetapi page authority lumayan bagus dan itu menandakan artikel banyak yang masuk mesin pencari Google.

Sekarang ini menentukan tingkat kualitas domain dan halaman website bukan berdasarkan Page Rank (PA), Google telah merubah parameter penilaianya menggunakan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Pernyataan ini diperkuat salah satu petinggi Google John Meuller di Google Hangouts. Lau pertanyaanya, "Masih pentingkah Page Rank ?", silahkan dijawab sendiri.

Pengertian Domain Authority (DA)
Domain Authority atau Otoritas Domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain dan merupakan salah satu dari banyak faktor peringkat mesin pencari. Domain Athority didasarkan pada tiga faktor yaitu Usia, Popularitas, dan Ukuran. Dengan memiliki tiga faktor tersebut situs web akan mudah sekali mendapatkan peringkat yang tinggi dalam hasil pencarian. Mesin pencari ingin memberikan pengguna dengan hasil website yang bisa dipercaya. Situs-situs baru yang bermunculan setiap hari dan banyak yang tidak bertahan di SERP karena berbagai alasan. Domain Authority didasarkan pada skala logaritmik dari 1 sampai 100, dimana setiap situs yang memiliki DA paling besar itulah situs yang paling bagus daripada dengan situs yang memiliki DA tinggi.

Contoh :
  • Situs A memiliki DA 30
  • Situs B memiliki DA 50
Maka situs yang paling bagus adalah situs B, karena memiliki DA yang lebih besarsama seperti PageRank, semakin besar nilainya semakin tinggi rankingnya.

Catatan :
Bagi yang menggunakan subdomain blogspot.com akan memiliki DA diatas 90.

Pengertian Page Authority

Page Authority atau Otoritas Halaman adalah istilah SEO digunakan untuk menggambarkan probabilitas bahwa halaman tertentu dari situs Anda akan ditemukan di mesin pencari. Page Authority didasarkan pada skala logaritmik dari 0 sampai 100 dan berkaitan dengan relevansi informasi dan link dalam halaman situs satu sama lain. Page Authority yang lebih tinggi berarti kemungkinan besar halaman Anda muncul di search engine, dan bahwa halaman Anda akan ditempatkan lebih dekat ke bagian atas hasil pencarian. Perhatikan bahwa otoritas halaman terkait dengan halaman dalam situs, bukan situs itu sendiri. Situs yang memiliki PA dengan nilai besar maka akan lebih bagus dibandingkan dengan situs yang memiliki PA kecil.
Contoh :
  • Situs A memiliki PA 30
  • Situs B memiliki PA 50
Maka situs yang paling bagus adalah situs B, karena memiliki PA yang lebih besar sama seperti PageRank, semakin besar nilainya semakin tinggi rankingnya.

Cara Meningkatkan Domain Aunthority (DA)

1. Usia Domain
Usia Domain merupakan salah satu cara mesin pencari menaikkan DA. semakin lama usia sebuah domain maka semakin tinggi pula ranking domain tersebut. sobat bisa menaikkan DA di Top Level Domain atau dot.com, akan tetapi untuk blogspot, wordpress, blogdetik, kompasiana dan lainnya tidak akan bisa dinaikkan DA nya.

2. Popularitas Domain
Popularitas sebuah Domain bisa diukur dari banyaknya link yang masuk dan tentunya harus sering blogwalking dan meninggalkan komentar di blog tersebut.

3. Jumlah Post Yang Bermanfaat Untuk Pembaca
Salah satu indikasi untuk menaikkan ranking DA adalah banyaknya link dari sebuah domain tersebut. Tentunya artikel yang bermanfaat lah yang akan dilihat oleh search engine.

Cara Meningkatkan Page Athority (PA)

Page Athority lebih ditekankan pada artikel atau konten yang Anda posting. Tentunya tidak boeh Copy Paste, jumlah kata minimal 500 kata, disertai gambar dan video untuk memperkuat isi postingan akanlebih bagus.

Selain itu topik/ ide yang diposting tidak boleh sembarangan, harus yang bermanfaat bagi orang banyak, dan banyak dicari di Google Suggest.

Cara Mengetahui atau Cek Domain Athority (DA) dan Page Authority (DA) >>

6 komentar:

  1. Keren membuka wawasan terhadap peringkat pa dan da, makasih banyak mas, semoga pelajaran ini bisa saya kembangkan lagi materinya, makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups sama-sama gan, mari tingkatkan peringkat DA dan PA.

      Hapus
  2. ALHAMDULILAH blog ane DA nya 90 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo DA 90 itu luar biasa gan hehe

      Hapus
    2. ya lumayan buat bertani backlink, hehehe hebat blog agan yang udah diterima adsense, punya ane belum :v

      Hapus
    3. Semangat gan, semua pernah mengalami hal yang sama. Coba lagi gan, semoga sukses hehe.

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish