Site and learn your application

Memahami Pengertian RKT, BPK, RPM, dan Penghasilan Tertaksir Google AdSense

Indo Amaterasu

Dalam dunia Google AdSense pasti sering melihat dan membaca istilan RKT Laman, BPK, RPM Laman, dan Penghasilan Tertaksir, seperti pada gambar diatas. Kalau menggunakan bahasa Inggris istilah yang muncul CPM, CPC, PPC, dan lain sebagainya. Berikut ini indoamaterasu jelaskan beberapa pengertian istiliah yang ada pada Google AdSense.



Pengertian istilah-istilah yang terdapat pada Google Adsense:

RKT Laman

Rasio Klik Tayang atau yang disingkat dengan RKT adalah jumlah iklan yang diklik dibagi dengan jumlah halaman yang ditampilkan.

Rumusnya
RKT Laman = Klik/ Tampilan laman

BPK

Klik Biaya per klik (BPK) adalah jumlah keseluruhan yang Anda peroleh setiap kali pengunjung mengeklik iklan di blog Anda. Besarnya BPK untuk iklan ditentukan oleh pengiklan namun sebagian pengiklan mungkin bersedia membayar lebih per klik daripada pengiklan lainnya, tergantung pada apa yang diiklankan.

RPM Laman

RPM Laman adalah pendapatan laman per seribu tayangan dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah permintaan iklan yang dibuat, lalu dikalikan 1.000.

Rumusya
RPM Laman = (Penghasilan tertaksir/ Jumlah tampilan laman) * 1.000

Cara menghitung RPM Lalam

Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan laman, maka BPSe laman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000, atau $6,00.

Penghasilan Tertaksir

Penghasilan Tertaksir adalah saldo akun Anda untuk jangka waktu yang Anda pilih. Jumlah ini merupakan taksiran yang dapat berubah bila penghasilan Anda diverifikasi untuk akurasi pada akhir setiap bulannya.

63 comments:

  1. Sangat Membantu dan informatif banget gan ulasannya...makasi...sukses selalu ya

    ReplyDelete
  2. istilah Ini gan yang masih belum saya mengerti di adsense, sekarang sudah lumayan ngerti lah. terima kasih

    Download Software

    ReplyDelete
  3. jadi anggap saja tidak ada klik, tetap masuk dollar ya per seribu tampilan untuk RPM nya? karna blog ane loadinsider RPM nya lumayan tinggi 2 dollar lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin artinya permintaan penyangan dari publishernya terlalu besar, tetapi belum ada klik.

      Delete
  4. gmn y gan ane kan br di youtube, tampilan laman uda 200 lbh slm sebulan tp penghsilan mash 0. ohy gan gmn cara nya agar video youtube saya byk yg nonton?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa video yang diupload gan?? chanel harus aktif gan dan sering upload. Memang faktanya kasus tiap akun beda-beda, temenku ada yang 15 viewer dah dapat earning. Ada juga yang 400 viewer lebih g dapat earning. Intinya harus banyak video yang dupload gan, ntar hasilnya datang.

      Delete
    2. sama kayak kasus youtube saya berarti gan, 900 viewer tapi BPK nya udah sekitar $20

      Delete
  5. Info yang sangat bermanfaat bagi pemula :-) Terima kasih. # Mishba7

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups semoga tambah semangat cari rupiah hehe

      Delete
  6. hari ini GA saya kok aneh yak, tanpa ada klik tp bisa dpt 0,1 >.<
    apa lagi ada kenaikan pps ?

    ReplyDelete
  7. taksiran penghasilan saya kenapa masih rp0 ya? trus pps tayangan saya rp5jt, maksudnya apa? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Viisitornya berapa om? punyaku aja dulu perhari 5K hanya 2$. PPS itu artinya penayangan iklan, bukan nilai kliknya om.

      Delete
  8. mas saya mau nanya nih di luar pembahasan ko akun adsense saya ga bisa memilih metode pembayaran??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok mbak. Pastikan akun AdSense mbak sudah verifikasi PIN belum? kalau belum ya nggak bisa milih metode pembayaran.
      Minimal 10 U$ nanti dapat PIN dari Google. PIN tersebut untuk memverifikasi bahwa akun AdSense benar milik Anda. Semoga membantu :)

      Delete
  9. maaf gan sy baru daftar adsense,sblm daftar blog sy total pegviews mencapai 11041,trus di taksiran penghasilan jumlahnya 0,dan pps laman rp95.534,padahal sy baru 2 hari terdaftar di adsense..pertanyaan sy,apa pps itu gan?
    oo.ya...satu lgi..kok iklan di blog saya menghilang ya?hheeeee...bingung..maklum newbee

    ReplyDelete
    Replies
    1. PPS itu Penayangan Perseribu halaman gan...

      Kalau iklan tidak muncul banyak penyebabnya? status AdSense agan full aprove nggak? atau dalam masa peninjauan

      Delete
  10. mau tanya gan... kenapa adsense saya masih 0 pada bagian penghasilan tertaksir intinya penghasilan saya.. padahal data di laporan saya seperti ini :

    Penghasilan tertaksir
    Rp0

    Tampilan laman
    164.265

    Tayangan
    45.561

    Klik
    948

    RPM Laman
    Rp2.446

    PPS Tayangan
    Rp8.820

    Tampilan Aktif Dapat Dilihat
    87,82%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalao penghasilan tertaksir 0 ya teteo 0 gan. RPM, PPS itu tidak diakumulasikan dalam earning. Btw visitor perharinya brapa gan? kalau di bawah 1000 biasanya sering 0 nya

      Delete
  11. Gan Ada Id Line nya Gan ?
    Mau nanyak nanyak tentang adsense ni gan , ane masih belum faham , masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gak pake line mas. Adanya BBM ama Gmail :)

      Delete
  12. mas saya punya akun adsense nih dari youtube, tp kenapa ya penghasilan tertaksir saya selalu 0, padahal sudah ada Payable earnings IDR 2,526

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah berapa lama main AdSense Youtube mbak?? lihat pendapatannya di Analitycs Youtbe. Kalau dilihat di Google.com/Adsense baru ditambahkan pada tagl 15 mbak...

      Delete
    2. Dari tgl 31 januari mas 2016, februari saya mendapat IDR 0 dan bulan maret ini saya dapet $10,43 (tapi belum masuk ke akun adsense saya). kalau yang saya liat dipendapatan youtube saya taksiran pendapatan sudah ada mas, mohon bantuannya mas..

      Delete
    3. Heheh tenang mbak, nanti akan masuk dengan sendirinya kok. Paling lambat tanggal 15, punya Saya juga gitu mbak. Jadi nggak langsung masuk rek AdSense, namun nyimpen di Analitycs Youtube dulu.

      Ditunggu aja mbak

      Delete
  13. oh gitu ya mas, terima kasih banyak ya mas

    ReplyDelete
  14. Mantap infonya gan sangat membantu,

    ReplyDelete
  15. RPM sama dengan PPS (pembayaran per seribu ) .,,, trimakasih,,, mas , skrg sudah ngerti istilah di halaman dasbord adsense. salam

    www.aveslombok.com

    ReplyDelete
  16. saya masih agak bingung mas, misalnya blog saya sudah dikunjungi lebih dari 1000 views akan tetapi tidak ada klik sama sekali, apakah blog kita akan tetap mendapatkan penghasilan dari adsense?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah dapat, tinggal butuh kesabaran aja. Patokannya bukan Page Views, namun visitor pengunjung blog... soalnya 1 orang bisa membuka beberapa halaman. Namun kalao visitor kan beda. Mengenai jumlah klik tergantung juga ama untung-untungan. Sebaiknya banyak berdoa saja, semoga sukses

      Delete
  17. Mau tanya gan,..kalo di analistik youtube saya $1,31 dan saya baru 1 desember 2016 kemarin,..itu berarti di edsense saya masih kosong ya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeceknya di sini gan google.com/adsense

      Delete
  18. maaf mas mohon pencerahannya, saya masih newbie main youtube, kemarin akun adsense saya di suspend, dengan alasan melakukan klik tidak valid, saya baru ingat kemarin sebelum di suspend saya mengklik tanda silang pada iklan di video saya (dengan tujuan tidak melihat iklan) itu termasuk klik tidak valid ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu tida masalah, yang penting Anda tidak klik iklan sendiri. Kalau menutup Saya rasa tidak. Kalau klik tidak valid pasti ada kok

      Delete
  19. Terima kasih gan. Saya jadi paham. Ini yang saya cari2.

    Btw, template web ini pakai template apa ya namanya gan? Saya juga pingin pakai di blog pasar modal saya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Templatenya kudu beli y gan?

      Delete
    2. Saya tertarik beli template ini. Nanti saya buy gan..

      Namun, saya ingin tanya sekali lagi.. Hehehe...

      Apakah dengan pakai template ini earning adsense dan rate klik blo Amaterasu agan bisa meningkat signifikan? dan high CTR?

      Delete
    3. Kalau itu tergantung hoki aja gan, semua template sih sama. High CTR kalau klik rendah gimana

      Delete
    4. Ohh..

      Berarti nggak ada hubungan antara template dengan jumlah earning adsense gan? Dengan asumsi jumlah pengunjung sama dan template beda (satunya adsense ready satunya template responsive biasa), apakah ada perbedaan pada earning adsense?

      Terima kasih

      Delete
    5. Intinya template yang ringan mempercepat proses pengindekan di mesin pencari Google. Responsive perlu karena sekarang banyak yang buka pake hape. Gunakan template dengan tampilans sederhana sehingga yang mencolok gambar iklannya

      Delete
    6. Seringkali template yang responsive justru iklannya nggak bisa tampila di mobile itu kenapa y gan?

      Blog saya adalah www.sahamgain.com dan template yang saya gunakan adalah template buatan Mas Sugeng Evotemplates.

      Saya ada kendala pada pemasangan adsense. Iklan adsense sudah berhasil dipasang dan muncul di dekstop. Tetapi di mobile Android dll sama sekali nggak muncul. Terutama iklan yang saya pasang di dalam postingan tidak muncul di mobile sama sekali.

      Saya heran karena template saya sudah saya edit menjadi versi selular (melalui menu HTML --> Pilih Ya --> Khusus). Saya juga sudah memasang iklan yang mobile friendly (seperti iklan responsif yang disarankan mobile friendly).

      Namun, iklan adsense tetap tidak muncul di android.

      Solusinya gmn ya gan? Kalau template Om Bamz ini apa nggak perlu setting macem2 supaya iklan di dalam posnya tampil di mboile?

      Delete
    7. Pasti tampil, kalau tidak tampil berarti template nggak responsive. Mungkin koneksi internetnya agak lelet sehingga iklan tidak tampil semua. Pengalaman pake Om Bamz lancar-lancar aja kok

      Delete
    8. hmmm begitu ya gan..
      Aneh juga soalnya... Templte yang ane pakai template nya Mas Sugeng harusnya responsif

      Delete
  20. artikelnya cukup membantu. pertanyaan2 saya sudah terjawab dengan baca komen2nya. thanks gan :)

    ReplyDelete
  21. mantap gan, thanks banget justru selama 3 bulan ane cari yang begini.. baru ketemu haha sukses terus gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan, sama-sama. Semoga agan ikutan sukses

      Delete
  22. gan mau tanya tampilan penghasilannya masih 0.. itu apanya ya padahal tampilan lamnnya uda rp. 3.41rb???
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya belum ada yang klik iklan, jadi pengunjung cuma membaca dan membuka halaman blog saja sis

      Delete
  23. pencerahan dong ,, saya sudah daftar adsense itu cara penarikan uangnya gimana soalnya saya belum dapet surat kode dari pihak google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkumpul berapa sekarang? surat kode minimal $20

      Delete
    2. Saldonya bukan kalo saldonya ada IDR119,673

      terus surat apa aja yang bakal dikirim ke kita dari pihak google soalnya saya belum dapet satu surat pun semenjak pake google adsense

      Delete
    3. Sabar mas, kalau $1 = Rp.13.300, tinggal kalikan saja ke dalam rupiah. $20 x Rp. 13.XXX
      Nggak usah ngirim surat apa-apa, kalo sudah terpenuhi $20 maka kode akan dikirmkan ke alamat rumah Anda via POS

      Delete

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish

 

Recent Post

Tips Komputer

AdSense

Xiaomi