Site and learn your application

Kamis, 01 Januari 2015

Optimasi Full SEO Blogger Tanpa Bantuan Pihak KeTiga

Indo Amaterasu
Banyak yang mempunyai anggapan bahwa Blogger lemah dalam hal SEO (Search Engine Optimization) dan kalah dari Wordpress, Joomla, dan lain sebagainya. Faktanya penggunan blogger baik yang sudah custom domain dan masih menggunakan blogspot banyak yang nangkring di halaman petama Google. Itu menandakan Blogger bisa bersaing dengan CMS sekelasnya.

Anda bisa memaksimalkan SEO Blogger tanpa melalui pihak ketiga (Backlink, Blog Directory, Jasa SEO, dan lain sebagainya) cukup dengan mensetting Blogger blogspot. Setelah Anda menerapkan cara ini, InsyaAllah SEOnya melebihi Wordpress yang dikenal rajanya SEO. Berikut ini ada 8 langkah untuk optimasi full SEO bloger Anda.

Langkah-langkah melakukan optimasi SEO Blogger yang ampuh:

1. Mendaftarkan Blog di Google Webmaster


Mendaftarkan Blog di Google Webmaster

Langkah pertama yang wajib dilakukan setelah membuat blog yaitu mendaftarkannya di Google Webmaster. Dengan submit alamat blog mempercepat diindex mensin pencari Google. Ada dua langkah menggunakan Google Webmaster yang pertama mensubmit URL blog dan Sitemap. Lebih detailnya lihat di sini Panduan Mendaftarkan Blog di Google Webmaster.

2. Ubah Settingan RSS Feed

RSS Feed adalah fitur yang memudahkan pembaca untuk berlangganan artikel dari blog kita. Namun sekarang ini banyak kasuh yang menyalah gunakan untuk merampok artikel dan diposting di blognya. Maka dari itu Anda harus memberikan perlindungan terhadapat konten dengan melakukan settingan di umpan situs.

Masuk ke dashboard blogger > Setelan > Lainnya > Umpan Situs. Ubah dari settingan penuh menjadi singkat.

Ubah Settingan RSS Feed


3. Memanfaatkan Tag Meta Deskripsi

Sekarang blogger tidak kalah dengan Wordpress dalam fitur optimasi SEO. Salah satu fitur blogger yang paling bagus yaitu Tag Meta Deskripsi. Banyak para blogger  mengabaikan fitur ini mungkin karena kekurangtahuan akan fungsinya.

Caranya masuk Setelan > Preferensi dan penelusuran > Tag Meta Deskripsi. Tuliskan keyword yang menggambarkan blog Anda, lalu Simpan perubahan. Dengan memanfaatkan tag meta deskripsi akan membantu mempercepat dekripsi blog masuk mesin pencari Google.

Memanfaatkan Tag Meta Deskripsi

4.  Aktifkan Fitur "Robots.Txt Khusus"

Robots.txt adalah sebuah file text (.txt) di dalam sebuah halaman web yang berisi perintah-perintah halaman mana yang boleh di index dan mana yang tidak boleh diindex oleh spider mesin pencari. Robots.txt juga dapat mencegah duplicate konten dengan memakai penelususran Google Webmaster.

Cara mengaktifkan Robots.Txt masuk ke Preferensi penelusuran > Perayapan dan pengindeksan > Robots.Txt Khusus > Diaktifkan.

Aktifkan Fitur "Robost.Txt Khusus"

Silahkan pasang Robots.Txt berikut ini di blog Anda
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
User-agent: *
Disallow: /search 
Untuk mengetahui apakah Robots.Txt berfungsi dengan baik silahkan masuk Google Webmaster. Tentunya blog Anda sudah terhubung Google Webmaster, bila belum silahkan daftar.

Pilih perayapan > Penguji Robots.Txt > masukkan alamat domain situs blog Anda > Uji Coba.


Bila tidak ada masalah muncul keterangan "Diizinkan", namun bila ada yang salah maka secara otomatis ada keterangan diblockir dengan warna merah.


5. Optimasi SEO Gambar Postingan

Ternyata yang bisa dioptimalkan untuk SEO bukan hanya tulisan saja, fakta membuktikan banyak orang menelusuri gambar di Google Image. Lalu bagaiman caranya supaya Gambar yang kita posting masuk mesin pencari Google, berikut ini caranya.

Klik kanan pada gambar yang baru Anda posting > Image Propertis > Masukkan kata-kata yang menggambarkan gambar yang diupload. Dengan cara ini misalnya ada yang mencari gambar "Penguji Robots.Txt", gambar akan muncul di Google.


6. Memanfaatkan Fitur Deskripsi Penelusuran

Dulu sebelum adanya fitur ini, banyak sekali blogger yang menggunakan sebuah kode meta tag deskripsi otomatis untuk postingan dan sampai sekarang pun masih cukup banyak yang menggunakannya.

Nah karena di blogger sudah ada fitur unuk memasukan meta deskripsi postingan secara manual, maka akan sangat keren jika sobat menggunakan fitur ini agar setiap postingan di blog sobat memilki meta deskipsi yang bervariasi.


Untuk menggunakan fitur ini pertama-tama Anda perlu mengaktifkan fitur tag meta deskripsi yang sudah dibahas di atas. Jika sudah mengaktifkannya maka setiap kali Anda menulis postingan, di bagian kanan akan ada menu tempat memasukan deskripsi postingan.

Memanfaatkan Fitur Deskripsi Penelusuran

7. Modifikasi Template Blogger Menjadi Full SEO

Penggunaan Template Blogger SEO itu yang seperti apa ? tentunya template tersebut sudah dimodifikasi dengan fitur:
1. Tag Heading lebih dinamis
2. Title SEO blogger friendly
3. Meta Tag SEO friendly
4. Breadcrumb.
Keempat tahap modifikasi SEO Blogger Friendly bisa Anda lihat di sini.

8. Mengaktifkan Auto Posting di Google + dan Google Komentar

Blogger sekarang dimanjakan dengan adaya Google Plus, dengan satu akun Gmail bisa menggunakan blogger dan G+ dan keduanya saling terhubung. Penggunakan social bookmarking terbukti membantu meningkatkan SEO blog, apalagi itu buatan rajanya mesin pencari Google.

Anda tidak perlu share artikel satu-persatu, cukup mengaktifkan auto posting di G+. Caranya masuk di Google + pada dashboard blogger > beri tanda centang pada "Bagikan secara otomatis setelah mengeposkan?".

Gunakan juga Google+ Komentar dengan memberi tanda centang. Penggunaan fitur ini mengharuskan setiap pengunjung blog yang ingin memberikan komentar wajib login di akun gmail atau G+.

Mengaktifkan Auto Posting di Google + dan Google Komentar

4 komentar:

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish